Sunday Sound Session: Nada Bicara tentang Rasa

0
105

 

Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Seni Musik Universitas Ahmad Dahlan (UAD) menyelenggarakan Sunday Sound Session (SSS) pada 30 Juni 2019, bertempat di Setren Opak, Bantul, Yogyakarta. SSS menampilkan Kopi Basi, Jejak Imaji, Sahsaka, Forum Komunikasi UKM Musik se-Yogyakarta (FKUKMMY), Sukma Ibu Jari, dan Satulana. SSS kali ini mengusung tema “Nada Bicara tentang Rasa” bergenre folk.

“Tema tersebut kami ambil karena segala sisi kehidupan manusia adalah seni. Cara berjalan, berbicara, menangis, tertawa, amarah, benci, keresahan, dan cinta. Lima tahun belakangan ini musik folk sedang meriah di kalangan penikmat musik, khususnya anak muda. Alunan musik yang sendu membuat pendengar menjadi tenang dan nyaman. Musik folk juga tidak jauh dari literasi dalam penulisan liriknya yang sarat dengan makna. Harapannya perasaan manusia itu tersampaikan lewat musik,” ujar ketua panitia Hardi Mardiansyah.

Banyak kendala yang dialami kepanitiaan dalam menyelenggarakan acara ini. Namun kendala itu langsung dikomunikasikan panitia ke Badan Pengurus Harian (BPH) dan senior UKM Seni Musik UAD untuk mencari solusi. Acara SSS yang merupakan program kerja tahunan UKM Seni Musik UAD ini sangat ditunggu oleh teman-teman musik di luar UAD. FKUKMMY juga selalu antusias dan mendukung setiap acara.

“Setiap tahun pasti memiliki kejutan tersendiri dan berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Diharapkan acara ini dapat menjadi ajang silaturahmi antara teman-teman musik, penikmat sastra, dan teater. Juga, sebagai edukasi kepada penonton tentang genre folk itu sendiri,” tutupnya. (JM)