Teknik Informatika UAD dan Information and Computer Science Gxun tanda tangani Cooperative Agreement Joint Degree 2+2

0
374

Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta memperoleh dana hibah bantuan fasilitas kerja sama internasional 2014 dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Dalam program hibah tersebut, UAD mengajukan program gelar bersama (joint degree) 2+2 dengan menggandeng universitas dari Tiongkok, Guangxi University for Nationalities.

            Rektor Universitas Ahmad Dahlan Dr. Kasiyarno, M.Hum. dan Presiden Guangxi University for Nationalities (GXUN) Prof. Dr. Xie Shangguo menandatangani Kesepakatan Kerja Sama (MoA) Joint Degree 2+2 antara Teknik Informatika (TIF) UAD dan Information and Computer Science GXUN. Bertempat di kampus Guangxi University for Nationalities, acara  tersebut dihadiri pula oleh pejabat dari kedua belah pihak. Dari UAD, turut hadir Ketua BPH UAD Prof. Dr. H. Yunahar Ilyas, Lc. M.Ag., Wakil Rektor I Dr. Muchlas, M.T., Kepala Kantor Urusan Internasional (KUI) Ida Puspita, M.A.Res., dan Kaprodi TIF Sri Winiarti, M.Cs. Sementara itu, dari GXUN dihadiri oleh para Wakil Presiden, Dekan Fakultas yang telah memiliki kerja sama dengan UAD dan Kepala KUI.

            Selain agenda penandatanganan MoA, delegasi dari UAD juga melakukan diskusi dengan jajaran dekanat School of Mathematics and Computer Science jurusan Information and Computer Science untuk membahas kurikulum dan format ijazah bagi peserta joint degree. Dari hasil diskusi, dapat disimpulkan bahwa kurikulum TIF UAD dan ICS GXUN memiliki kesamaan sekitar 90%. Selanjutnya, kedua jurusan akan mengurus izin joint degree ke pemerintah masing-masing dan direncanakan 2016 UAD akan mulai mengirim mahasiswa untuk belajar di ICS GXUN. Mahasiswa UAD juga akan disiapkan untuk belajar bahasa Mandarin.

            Sebelumnya, UAD dan GXUN telah menandatangani MoU sejak 2008 dan selama lebih dari 6 tahun melakukan kerja sama. Fakultas-fakultas yang terlibat pun semakin banyak, yakni 3 fakultas dari UAD dan 5 fakultas dari GXUN. Kerja sama ini semakin baik. Hal tersebut dilihat dari semakin meningkatnya jumlah mahasiswa yang dikirim GXUN ke UAD dan dari UAD ke GXUN. Di samping itu, GXUN terus mempercayai UAD untuk mengirimkan dosen-dosennya untuk mengajar bahasa Indonesia di sana.

“Ini sudah ke sekian kalinya UAD dan GXUN membahas kerja sama, dan kerja sama yang terjalin semakin baik serta semakin melebar. Yang awalnya hanya segelintir jurusan dan fakultas yang terlibat, kini semakin banyak. Dan kali ini adalah fakultas kelima GXUN yang membuka kerja sama dengan UAD,” ungkap Ida Puspita, Kepala KUI UAD.

            Kedatangan delegasi UAD ke kota Nanning juga untuk menghadiri perayaan Milad ke-80 Guangxi Medical University. Selain itu, para delegasi berkunjung ke Qinzhou University, universitas yang belum memiliki MoU dengan UAD untuk membahas inisiasi kerja sama. (doc)