Tidak Disiplin Peserta Dihukum, Panitia Juga

0
178

 

 

“Bukan hanya peserta yang dihukum, panitia pun juga,” kata Pradita Bagaskara ketika ditemui saat bertugas, Jum’at (4/9/2015).

Selain sebagai sie acara, Pradita juga menjadi penanggung jawab kelas program studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI). Menurutnya, jika teledor, panitia juga dihukum. Biar sama-sama tahu dan tidak ada kecemburuan sosial.

“Kalau panitia salah, ya harus dihukum juga. Jadi, bukan hanya mahasiswa baru yang dihukum,” jelasnya.

Pradita mengaku bahwa pernah dihukum untuk membersihkan sampah di parkir tengah kampus II yang dijadikan sebagai lokasi pengkondisian peserta.

“Saya dihukum karena terlambat. Hitung-hitung bantu petugas kebersihan bersihkan sampah sisa sarapan maba,” tutur pria asal Kemangkon, Purbalingga, yang masih duduk di semester 3 itu.

Bagas, panitia delegasi dari HMPS PBSI menegaskan bahwa hukuman yang diberikan memang harus mendidik. Tidak ada lagi hukuman fisik dan lain sebagainya. Di PBSI, jika ada yang terlambat, biasanya panitia akan memintanya untuk membuat puisi dan dibacakan di depan teman-temannya. Jika ada yang tidak membawa makanan untuk sarapan, biasanya akan meminta teman-teman kelompoknya untuk berbagi.

“Selain untuk mendisiplinkan, cara-cara tersebut juga menjadikan mereka lebih akrab,” terang Bagas. (Idj)