Tim Gerhana UAD Sosialisasi di Ternate

0
226

TIGER UAD terdiri atas 2 tim yang lebih kecil, yaitu Tim Ternate dan Tim Yogyakarta. Tim Ternate akan berangkat menuju Ternate, Maluku Utara, pada (6/3/2016). Mereka akan melakukan sosialisasi Gerhana Matahari Total 2016, diskusi ilmiah, penelitian, dan observasi. Sedangkan Tim Yogyakarta juga akan melakukan observasi terbuka untuk masyarakat Yogyakarta dan penelitian pada (9/3/2016).

“Ini wadah bagi masyarakat dalam belajar dan memahami fenomena gerhana matahari total, khususnya gerhana matahari yang terjadi di Indonesia. Sosialisasi ini akan meningkatkan kemampuan akademik dan memperluas wawasan masyarakat.”

Promosi ini juga dalam rangka meningkatkan daya tarik astronomi di tengah-tengah masyarakat, memberikan wadah bagi mahasiswa menghasilkan karya ilmiah berskala internasional, dan menjadi ladang bagi peneliti mengembangkan riset-riset kependidikan di bidang astronomi.

Sosialisasi yang akan dilakukan berkaitan dengan gerhana matahari total, Ijtimak, dan kaitannya dengan kalender hijriah global. Selain itu juga ada diskusi kolaborasi antara peneliti dari PASTRON dan Universitas Muhammadiyah Maluku Utara (UMMU).

Observasi dan streaming merupakan puncak kegiatan Tim Ternate, karena pada saat itu, gerhana matahari total terjadi. Tim dan masyarakat akan mengamati fenomena tersebut secara bersamaan.

            TIGER UAD bekerja sama dengan UMMU dan PWM Maluku Utara. Lokasi yang digunakan untuk melakukan pengamatan tidak terkonsentrasi pada satu titik, tetapi tersebar di beberapa titik yang representatif dan sesuai dengan minat pengunjung. Lokasi titik pantau untuk pengamatan ini ada 3 tempat di antaranya adalah sebagai berikut.

  1. Lokasi titik pantau Ternate Selatan: Benteng Kalimata, Rumah Dinas Wali Kota, Hotel Bela, dan jalan baru Boboko, Mangga Dua.
  2. Lokasi titik pantau Ternate Tengah: Pantai Falajawa (Swering), masjid Al-Munawar,  belakang Mall Jatiland, Swearing Air Guraka Beach, Kedaton Sultan, Dodoku Ali, dan Gelora Kie Raha.
  3. Lokasi titik pantau Ternate Utara: Jalan Baru Bandara (Swering Bandara) dan Batu Angus. 

Masjid Al-Munawar dipilih oleh Tim Gerhana UAD sebagai lokasi observasi dan streaming yang akan disiarkan baik nasional maupun internasional. Sedangkan penelitian tentang perilaku hewan akan dilakukan di sejumlah titik di Ternate dan melibatkan siswa dan mahasiswa lokal, serta alumni Prodi Magister Pendidikan Fisika UAD yang tinggal di Ternate dan sekitarnya.