Tulislah yang Terdekat Denganmu!

0
115

“Hal terpenting yang harus diperhatikan adalah tulislah hal yang paling dekat denganmu,” ujar Iqbal H. Saputra selaku pembicara pada acara Malam Apresiasi Sastra di auditorium kampus II UAD (16/12/2015).

Hampir senada dengan yang dikatakan oleh Iqbal. Menurut Sule Subaweh selaku pembicara, juga mengatakan bahwa menulis karya sastra itu menuliskan tentang diri sendiri, dan bagaimana bisa membuat ke-subjektifan tersebut menjadi hal yang objektif serta bisa diterima oleh penikmatnya.

Acara “Malam Aprsesiasi Sastra” merupakan puncak dari perlombaan yang diadakan oleh panitia Rising Orange dalam rangka memperingati milad UAD ke-55, khususnya lomba pada bidang kesenian. Ada lomba cipta puisi, lomba cipta cerpen, dan lomba baca puisi.

Peserta lomba cipta puisi kurang lebih sekitar 70 mahasiswa, untuk lomba cipta cerpen sekitar 50 mahsiswa, dan untuk lomba baca puisi sekitar 30 mahasiswa.

Untuk pemenang dari lomba cipta puisi adalah Halim Nur Zaky (PBI) sebagai juara 1, juara 2 diraih oleh Rahadian Sidik (PBSI), dan juara 3 Ardy Priyantoko (PBSI). Lomba cipta cerpen dimenangkan oleh Ardy Priyantoko (PBSI), juara 2 Enggar Jiwanto (PBI), dan juara 3 Devi S Ariani (PBSI). Sedangkan lomba baca puisi Bayu Aji Setiawan (PBSI) menjadi pemenangnya, disusul oleh Sigit Pamungkas (PBSI), dan Nurman (PBSI).

Ginanjar Arif Wijaya selaku ketua panitia menambahkan bahwa tujuan perlombaan ini adalah untuk menumbuhkembangkan sastra di UAD. Bukan hanya di PBSI maupun Sastra Indonesia, tetapi juga di seluruh program studi yang ada di UAD. (Ard)