UAD Adakan Pelatihan Robotika di Sekolah Muhammadiyah Brebes

0
111

 

Ketua Pimpinan Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kabupaten Brebes Jawa Tengah, Timbul Atmawidjaja, S.Pd., melakukan kunjungan ke Universitas Ahmad Dahlan (UAD) pada Senin, (1/9/2014). Kedatangan di Fakultas Teknologi Industri (FTI) ini diterima langsung oleh Wakil Rektor I Dr. Muchlas, M.T., Dekan FTI Kartika Firdausy, S.T., M.T., Wakil Dekan FTI Endah Sulistiawati M.T., dan ketua program studi di lingkungan FTI.

Dalam kunjungannya ke UAD, Timbul Atmawidjaya didampingi kepala sekolah, guru, dan siswa SD/MI, SMP/MTS, SMU, serta SMK Kabupaten Brebes yang terdiri atas SD Muhammadiyah Slawi, MI Muhammadiyah Larangan, SD Muhammadiyah Ketanggungan, SMP Muhammadiyah Slawi, SMP Muhammadiyah Kluwut, SMP Muhammadiyah Larangan, MTS Muhammadiyah Wanasari, SMK Muhammadiyah Bumiayu, SMK Muhammadiyah Wanasari, SMK Muhammadiyah Bulakamba, SMK Muhammadiyah Paguyangan, dan SMK Muhammadiyah Larangan.

Dalam sambutannya, Dekan FTI menerima kedatangan rombongan tersebut dengan tangan terbuka. Sesuai dengan visi dan misi serta pengabdian kepada masyarakat, FTI siap untuk memfasilitasi pelatihan robot bagi guru dan siswa Muhammadiyah Kabupaten Brebes yang pelaksanaannya berlangsung selama tiga hari (1−3/9). Agenda pelatihan robotika tersebut meliputi pembuatan action figure robot, pengenalan dan perakitan robot Ollo Bug, Roboplus, Ollo Action Kit A sampai Ollo Action Kit D, perakitan robot LF Analog, perakitan LF Microcontroller, dan pengetahuan lebih lanjut tentang dunia robotika.

Dalam sambutannya, Muchlas mewakili universitas sangat berterima kasih atas kepercayaan dalam memilih kampus UAD, khususnya FTI, untuk menyelenggarakan pelatihan robot bagi guru dan siswa Muhammadiyah Kabupaten Brebes. “Kerja sama dan pelatihan robot ini diharapkan dapat berlanjut untuk masa yang akan datang sehingga kerja sama ini bisa menumbuhkan tunas baru yang tumbuh berkembang pesat untuk kemajuan dunia pendidikan di Indonesia, khususnya pendidikan di lingkungan Muhammadiyah,” ucapnya.

Timbul Atmawidjaja menambahkan, maksud dan tujuan berkunjung ke UAD adalah untuk penandatanganan naskah kerja sama (MoU) antara FTI dengan Pimpinan Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kabupaten Brebes. Tujuan utamanya adalah ingin memperoleh ilmu di bidang robotika bagi guru dan siswa SD/MI, SMP/MTS, SMU, serta SMK Muhammadiyah Kabupaten Brebes, sekaligus sebagai bentuk bersilaturahmi.

Kerja sama ini terjalin selama tiga tahun dan dibagi menjadi tiga tahapan. “Untuk tahap pertama, pelaksanaan sudah berjalan dan diikuti dengan jumlah peserta yang cukup banyak. Untuk tahap kedua, peserta pelatihan robotika dari guru dan siswa sudah antre untuk mendaftar,” ungkap Timbul Atmawidjaja. Ia berharap, para guru dan siswa setelah mendapat ilmu pelatihan robot dari UAD tersebut dapat menerapkan dan mengimplementasikan kepada siswa di sekolahnya masing-masing.(Doc)