UAD Adakan Seminar Internasional ICSITech 2015

0
181

 

 

The 2015 International Conference on Science in Information Technology (ICSITech) adalah seminar internasional pertama yang diselenggarakan atas kerja sama Universitas Ahmad Dahlan (UAD), Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Universitas Mulawarman, UPN “Veteran” Yogyakarta, dan Universiti Teknologi Malaysia.

“Rencananya, acara ICSITech ini akan rutin setiap tahun,” terang M Aziz, humas acara  tersebut.

Lebih lanjut Aziz menjelaskan, pada 27-28 Oktober 2015 ini, UAD ditunjuk sebagai host, di Eastparc Hotel Yogyakarta. Untuk rencana selanjutnya,  yakni 26-27 Oktober 2016, akan diselenggarakan di Balikpapan dan Universitas Mulawarman sebagai host. Pada 2017 diselenggarakan di Malaysia dengan host Universiti Teknologi Malaysia, dan tahun 2018 di Bandung, dengan UPI sebagai host.

“ICSITech 2015 disponsori oleh IEEE Indonesia Section sebagai Co-Technical Sponsor. Oleh karena itu, semua makalah yang diterima dan dipresentasikan pada ICSITech 2015 akan dikirim untuk dievaluasi dipublikasikan melalui IEEE Xplor yang terindeks SCOPUS,” lanjut Aziz.

Selain itu, beberapa penulis dan presenter yang papernya terseleksi, akan diundang untuk melakukan revisi dan penambahan konten untuk dipublikasikan dalam jurnal internasional bereputasi. Kegiatan ini juga mendapatkan dukungan pendanaan dari Kementerian Reiset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (RISTEKDIKTI) melalui hibah bantuan penyelenggaraan konferensi Internasional tahun 2015.

Sponsor lain yang turut membantu menyukseskan ICSITech 2015 antara lain, Universitas Sriwijaya, Universitas Malaysia Pahang, dan PT Qwords International Company, serta pengelola jurnal TELKOMNIKA (Telecommunication, Computing, Electronics and Control) (ISSN : 1693-6930, e-ISSN: 2302-9293, SCOPUS indexed), International Journal of Advances in Soft Computing and Its Applications (ISSN: 2074-8523, SCOPUS indexed), dan Journal of ICT Research and Applications (ISSN: 2337-5787, SCOPUS indexed).

ICSITech 2015, mengangkat tema “Big Data Spectrum for Future Information Economy” yang akan dijabarkan oleh tiga keynote speaker yaitu Prof. Siti Mariyam Shamsuddin (UTM Big Data Centre, Universiti Teknologi Malaysia, Malaysia), Prof. Rafał Dreżewski (AGH University of Science and Technology, Poland), dan Prof. Shi-Jinn Hong (National Taiwan University of Science and Technology, Taiwan). Mereka akan mempresentasikan topic big data baik dari sisi konsep maupun aplikasi. Di antaranya meliputi Big Data: Challenges and Practical Applications, Data Science vs. Big Data @ UTM Big Data Centre, dan Comparison of Data Mining Techniques for Money Laundering Detection System.

Selain itu, juga akan dipresentasikan 66 judul terseleksi dari sejumlah lebih dari 130 paper yang diterima panitia dari para akademisi, praktisi, mahasiswa, serta partisipan lain baik dari dalam maupun luar negeri.