UAD bersama DAAD Jerman mengadakan DIES Training Course on Management of Internationalization

0
113

DAAD (German Academic Exchange Service) mempercayakan UAD untuk menjadi tuan rumah penyelenggaraan kegiatan DIES Training Course on Management of Internationalization (Pelatihan Manajemen Internasionalisasi Perguruan Tinggi) pada tanggal 4-8 November 2019. Selain DAAD dan UAD, workshop ini juga didukung oleh Federal Ministry for Economic Cooperation and Development, German Rector’s Conference (HRK), Leibniz Universität of Hannover Jerman dan konsorsium alumni DIES MoI di Jerman tahun 2017 dari Universitas Indonesia, Universitas Syiah Kuala Aceh, Universitas Parahyangan Bandung dan Universitas Widya Mandala Surabaya. Pelatihan ini adalah kali kedua diadakan di Indonesia, setelah Batch I diadakan di Universitas Indonesia pada bulan April 2019. Kepala Kantor Urusan Internasional UAD, Ida Puspita,M.A.Res pernah lolos dalam seleksi untuk mengikuti DIES MoI di Jerman dan India. Pada workshop regional di Indonesia ini Dekan Fakultas Farmasi, Prof. Dr. Dyah Arini Perwitasari lolos seleksi untuk menjadi peserta.

Pelatihan Manajemen Internasionalisasi Perguruan Tinggi ini diikuti oleh belasan peserta dari berbagai universitas di Indonesia yang lolos seleksi. Para trainer pengisi acara ini berasal dari Jerman, Malaysia dan Indonesia dengan pengalaman profesional di tingkat internasional. Di antara para pembicara dan trainer ada nama-nama seperti; Dr. Ir. Paristiyanti Nurwardani, M.P. (Direktur Pembelajaran, Kemenristekdikti), Prof. Dato’ Dr. Morshidi bin Sirat dari Malaysia (Universiti Sains Malaysia), Dr. Birgit Barden-Läufer (Direktur Kantor Internasional University of Leibniz Hannover Jerman), Silke Irmscher (trainer dari Jerman yang sudah lama bekerja di Indonesia), Prof. Adi Zakaria Afiff (UI), Dr. Edwan Kardena (Kepala Kantor Urusan Internasional ITB), dan perwakilan dari European Union. Selain para trainer yang telah disebut di atas, acara ini juga mendatangkan beberapa pembicara dari DAAD dan para alumni yang pernah menjalani pelatihan sebelumnya (UI, Unsyiah, Unpar, UWMS, ULM Banjarmasin, UMY dan Unsoed Purwokerto).

Pelatihan ini dibuka secara resmi oleh Rektor UAD, Dr. Muchlas, M.T. di Amphitarium UAD Kampus IV yang juga dihadiri oleh para wakil rektor, pejabat fakultas, prodi dan pascasarjana di lingkungan UAD. Selain pelatihan, para peserta dan pembicara diajak menikmati budaya yang ada di Yogyakarta dengan pertunjukan Ramayana Ballet dan beberapa penampilan tari tradisional Indonesia. Menurut ketua panitia, Ida Puspita, “UAD sangat bersyukur dan berterimakasih atas kepercayaan beberapa organisasi luar negeri seperti Erasmus+ yang telah meloloskan dua project hibah untuk UAD, dan kali ini disusul oleh DAAD Jerman yang menjadikan UAD sebagai tuan rumah pelaksanaan workshop internasional Manajemen Internasionalisasi Perguruan Tinggi. Ini adalah salah satu bentuk upaya UAD dalam rangka internasionalisasi perguruan tinggi baik secara internal dan menjadi fasilitator kampus-kampus lain untuk kegiatan-kegiatan internasional”.