UAD Ikuti Kegiatan Ilmiah Internasional Bidang Astronomi

0
215

UAD menjadi anggota Pusat Studi Astronomi (Pastron) yang berhasil ikut serta dalam kegiatan ilmiah internasional yang diselenggarakan di Thailand dan Italia pada Januari dan Februari 2014. Bersama ITB, UAD berhasil melalui tahapan seleksi yang sangat ketat untuk mewakili Indonesia. Seorang mahasiswa pascasarjana Pendidikan Fisika UAD, Fitria Sarnita, S.Pd., merupakan salah satu anggota tim Pastron.

Kegiatan ilmiah internasional yang berlangsung salah satunya berupa workshop Winter School on Introductory Radio Astronomy di National Astronomical Research Institue of Thailand (NARIT). Thailand dalam hal ini bekerjasama dengan Korea Astronomy and Space Science Institute (KASI). Kegiatan dilaksanakan pada tanggal 27 hingga 30 Januari 2014. Pada winter school, pemateri yang terdiri atas profesor astronomi dari Inggris dan Jerman memberikan pelatihan pengenalan radio astronomi, instrumentasi, dan pengolahan data observasi. Selain itu, profesor dari Selandia Baru dan negara Asia Tenggara melaporkan perkembangan riset astronomi radio.

Pastron juga mengikuti Workshop on Mobile Science and Science Dissemination for the Disabled di International Centre for Theoretical Phyics (ICTP) di Italia. Acara tersebut dilangsungkan pada tanggal 6 Februari 2014. Kegiatan yang berlangsung antara lain pelatihan dan pengetahuan tentang penggunaan teknologi mobile untuk kegiatan pendidikan dan riset.

Pada tanggal 7 Februari, Workshop Science Dissemination for the Disabled diadakan untuk memberikan pengetahuan tentang penyebaran sains pada penyandang difabilitas. Penyandang difabilitas mempunyai hak yang sama dalam memperoleh pendidikan sains, bahkan melakukan riset. Semangat untuk terus mendorong pendidikan inklusif yang melibatkan orang difabel dalam proses pendidikan dan riset semakin dikembangkan di berbagai negara.

Peneliti sekaligus Kepala Pastron, Yudhiakto Pramudya, Ph.D., menceritakan pengalaman mereka mempresentasikan riset tentang pendidikan astronomi pada penyandang tunanetra. “Riset tersebut juga berhasil mendapatkan dana penelitian dari Lembaga Penelitian dan Pengembangan (LPP) UAD,” tuturnya. Riset Pastron mendapatkan apresiasi yang baik dari peserta. Kedepan, Pastron juga akan melakukan kerja sama dengan peneliti Portugal, Argentina, dan negara lainnya untuk pengembangan pendidikan astronomi dan mobile science.(idj)