UAD Jalin Kerja Sama Bentuk Mini Bank dengan Bank Syariah Bukopin

0
154

 

Dalam upaya meningkatkan pelayanan perbankan syariah, Bank Syariah Bukopin (BSB) membentuk Mini Bank Syariah di Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta.

Pembentukan Mini Bank Syariah ditandai dengan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama antara BSB dengan UAD tentang penyelenggaraan program Mini Bank Syariah di Laboratorium Fakultas Ekonomi Program Studi Akuntansi. Perjanjian kerja sama ini ditandatangani oleh  Pemimpin  Cabang  BSB  Yogyakarta, Muhammad Donni Riyangga dengan  Dewi Amalia, S.E., M.Si selaku Kepala Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi UAD Yogyakarta dan disaksikan oleh Direktur Utama BSB Riyanto.

Riyanto menuturkan kerja sama ini merupakan lanjutan kerja sama yang telah berlangsung dengan Pimpinan Pusat Muhammadiyah. “UAD adalah salah satu Amal Usaha yang dimiliki oleh Muhammadiyah yang bergerak di bidang pendidikan,” kata Riyanto, dalam siaran pers, Rabu (21/10/2015).

Terkait penyelenggaraan program Mini Bank Syariah, lanjut Riyanto, BSB tak hanya menyediakan software. Hadirnya laboratorium tersebut juga diharapkan membantu kampus menyiapkan sumber daya manusia (SDM) dengan kompetensi, sebagaimana dibutuhkan industri perbankan syariah.

“Kami sepakat membantu pihak kampus menghadirkan laboratorium perbankan syariah sebagai sarana praktik bagi mahasiswa Fakultas Ekonomi (FE) di kampus tersebut,” terangnya.

Selain kerja sama, penyelenggaraan program Mini Bank Syariah, BSB juga melakukan penandatangan perjanjian kerja sama tentang pelayanan dalam Pembayaran Keuangan Mahasiswa UAD. Riyanto memaparkan dengan adanya penandatanganan perjanjian kerja sama ini, maka BSB akan menyediakan jasa layanan pembayaran keuangan Mahasiswa UAD yang meliputi Sumbangan Pengembangan Pendidikan (SPP) secara online.

Selain SPP Online, BSB juga melakukan kerja sama dengan UAD mengenai jasa layanan perbankan elektronis Cash Management BSB yang memudahkan nasabah dalam melakukan akses inquiry saldo dan transaksi secara Real Time On-Line.

“Adanya penandatanganan tentang Mini Bank Syariah, SPP Online dan Cash Management di kampus tersebut menunjukkan BSB peduli pendidikan. Dengan laboratorium perbankan ini, dosen dan civitas akademik bisa mempelajari praktik perbankan syariah,” ujarnya.

Saat ini, BSB telah memiliki 23 kantor di seluruh Indonesia, dengan 76 kantor layanan syariah.