UAD Masuk Jajaran PTS Terbaik Indonesia

371

Universitas Ahmad Dahlan (UAD) menjadi salah satu perguruan tinggi swasta (PTS) terbaik Indonesia versi UniRank. UAD berada di posisi 10 PTS terbaik Indonesia.

Pemeringkatan UniRank ini mencakup 13.600 universitas di 200 negara. UniRank membatasi pemeringkatan pada pendidikan tinggi telah terakreditasi lembaga yang diakui pemerintah setempat, memiliki program S1/S2, dan memberikan pembelajaran tatap muka (nonjarak jauh).

Sementara pada lingkup perguruan tinggi Muhammadiyah dan Aisyiyah (PTMA), UAD menempati peringkat 4 nasional. Pada tataran Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) wilayah V, UAD berada di peringkat 3.

Pemeringkatan UniRank di Indonesia mencakup 550 perguruan tinggi negeri dan swasta yang telah terakreditasi lembaga terkait. Indikator pemeringkatan berdasar webmetric, yaitu Domain Moz, Peringkat Global Alexa, Global SimilarWeb, Majestic Referring Domains, dan Majestic Trust Flow.

Tujuan pemeringkatan UniRank untuk memberikan perkiraan peringkat global universitas berdasarkan pada kehadiran dan popularitas web atau laman resmi universitas dalam hal lalu lintas (traffic), kepercayaan atau otoritas, dan popularitas tautan berkualitas. (ard)