UAD Menjalin Kerja Sama dengan Sinta

0
230

 

Sistem Indeksasi dan Sitasi (Sinta) merupakan media untuk memublikasikan penelitian dosen se-Indonesia, yang lahir pada 30 Januari 2017 lalu. Dalam 1 tahun, Sinta bisa mencetak puluhan ribu penelitian dosen, dengan kulitas sangat baik.

Sangat perlu diketahui tentang hak kewajiban, kebijakan, pengenalan fitur dan fungsi, mekanisme verifikasi penulisan, kelengkapan data, praktik, serta pengecekan Sinta. Oleh karena itu, Direktorat Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan Kemenristekdikti bekerja sama dengan Lembaga Penerbitan dan Publikasi Ilmiah Universitas Ahmad Dahlan (LPPI UAD), menyelenggarakan Pelatihan Verifikator Sinta 2018 pada Selasa (17/4/2018) di Hotel Grand Dafam Rohan Jogja, Jln. Janti-Gedong Kuning No. 336, Banguntapan, Bantul.

“Kerja sama antara UAD dan Sinta sudah lama terjalin dengan baik. Saya menaruh banyak harapan kepada Sinta, agar bisa lebih mandiri lagi, tidak selalu bergantung kepada yang lain. Hal itu bisa menjadi tantangan untuk Sinta, supaya menjadi media pemublikasian penelitian dosen yang lebih baik lagi nantinya. Mari, semua dosen ikut bergabung ke Sinta, demi kemajuan bersama dan menjadikan penelitian Anda dan media Sinta lebih baik lagi. Dan nanti, ketika Sinta mau mengadakan acara pelatihan, UAD siap menjadi tuan rumah lagi,” ujar Dr. Kasiyarno, M.Hum. pada sambutannya.

Pelatihan ini diantusiasi seluruh elemen perguruan tinggi negeri dan swasta di Indonesia. Hadir sebagai pembahas adalah orang-orang yang ahli di bidang Sinta, seperti Son Ali Akbar, M., Eng., Ir. Ira Nurhayati Djarot, M.Sc., Ph. D., dan Sam Farisal Chaerul Havian, M.Kom.