UAD Pamerkan Koleksi Foto Masjid Luar dan Dalam Negeri

0
66

Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta memamerkan 40 koleksi foto masjid yang dipotret di luar dan dalam negeri. Foto-foto tersebut dipamerkan dengan tema “Keindahan Foto Masjid dari UAD” yang dipajang selama gelaran Jogja Halal Fest (JHF) 2018 di Jogja Expo Center, Kamis-Minggu (11-14/10/2018).

Dr. Muchlas, M.T. Wakil Rektor I UAD sekaligus fotografer dari foto-foto tersebut mengungkapkan, hasil potretannya mayoritas diambil saat menjalankan tugas dari UAD. Meskipun berprofesi sebagi seorang dosen, ia tetap mengalokasikan waktu untuk menyalurkan hobi tersebut.
“Tidak gampang mengalokasikan dan membagi waktu untuk mengajar, menjalankan tugas sebagai wakil rektor, serta menyalurkan hobi fotografi. Banyak foto yang diambil di Indonesia, beberapa di antaranya diambil di luar negeri seperti Turki, Mesir, Arab, dan Malaysia,” ungkapnya saat pembukaan pameran.
Meski demikian, ia menegaskan, bahwa foto-fotonya diambil sebagi seorang penghobi fotografi, bukan sebagai profesional. Muchlas juga menjelaskan jika koleksi foto masjid tersebut sebagai usaha pendokumentasian eksistensi Islam di luar dan dalam negeri.


Sementara Rektor UAD, Dr. Kasiyarno, M.Hum. berterima kasih atas kepercayaan panitia JHF 2018 yang memberi kesempatan kepada UAD untuk memamerkan koleksi foto-foto masjid tersebut. Pameran ini juga didukung oleh mahasiswa dari Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Lensa UAD.
“Ini pertama kalinya JHF 2018 dan pameran foto dari UAD. Semoga ke depan kerja sama ini bisa berlanjut. Bagi mahasiswa UKM Lensa, ini adalah pengalaman berharga yang tidak didapatkan di perkuliahan. Hobi fotografi harus terus diasah, siapa tahu kelak bisa menjadi profesi yang menunjang karir masa depan,” tandas Kasiyarno.
Dalam kesempatan ini, Kasiyarno menyerahkan mukadimah pameran koleksi foto-foto masjid kepada panitia sebagai simbolis pembukaan. Selain itu, ada pemberian satu koleksi foto Masjid Islamic Center UAD kepada salah satu peserta JHF 2018. (ard)