UAD Sambut Gerhana Matahari Total

0
172

Rabu, (9/3/2016), langit akan menjadi gelap karena sebuah fenomena gerhana matahari total akan berlangsung. Untuk menyambut hal ini, Pastron membentuk Tim Gerhana (TIGER) Universitas Ahmad Dahlan (UAD). Selain dosen, juga ada mahasiswa ANDROMEDA Pendidikan Fisika UAD yang terlibat.

“Ini merupakan kebanggaan tersendiri bagi UAD, menjadi salah satu institusi yang terlibat dalam Panitia Nasional Gerhana Matahari Total 2016 di bawah koordinasi LAPAN,” terang Yudhiakto Pramudya, Ph.D. dalam rilisnya.

Lebih lanjut, Yudi yang juga merupakan dosen Program Studi Magister Pendidikan Fisika dan Kepala Pusat Studi Astronomi UAD menjelaskan, TIGER UAD terdiri atas 2 tim yang lebih kecil yaitu Tim Ternate dan Tim Yogyakarta. Tim Ternate akan berangkat menuju Ternate, Maluku Utara, pada (6/3/2016). Tim ini akan melakukan sosialisasi Gerhana Matahari Total 2016, diskusi ilmiah, penelitian, dan observasi. Sedangkan Tim Yogyakarta juga akan melakukan observasi terbuka untuk masyarakat Yogyakarta dan penelitian pada (9/3/2016).

Beberapa hari yang lalu, TIGER telah melakukan persiapan pengamatan gerhana matahari di Observatorium kampus IV UAD yang disingkat OKE UAD. Untuk data Gerhana Matahari Sebagian Kota Yogyakarta (110° 20’ BT 7° 46’ LS), mulai gerhana pukul 06:20:32 WIB, puncak gerhana 07:23:30 WIB, dan akhir gerhana 08:35:16 WIB

“TIGER UAD juga bekerja sama dengan Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah. Selain di kampus 4 UAD, TIGER juga akan melakukan sosialisasi ke Ternate ” terang Yudi.