Upaya Meningkatkan Kompetensi Lulusan

0
234

Diperlukan adanya usaha dari berbagai pihak, baik universitas, dosen, serta para wali/orang tua mahasiswa dalam menunjang semangat belajar. Tujuannya agar melahirkan kompetensi lulusan yang berkualitas. Seperti dalam acara temu wali mahasiswa Fakultas Ekonomi (FE) Sabtu, (14/3/2015) di auditorium kampus I Universitas Ahmad Dahlan (UAD), telah dipaparkan upaya-upaya meningkatkan kompetensi lulusan.

Pada program perkuliahan FE, meningkatkan kompetensi lulusan dilakukan dengan berbagai cara. Di antaranya pengembangan kurikulum yang sesuai dengan bursa, peningkatan kualitas proses pembelajaran melalui sarana dan prasarana, pengadaan pojok bursa atau bursa kerja melalui kerja sama yang dilakukan dengan perusahaan di Jakarta, serta diadakannya perkuliahan internasional yang bekerja sama dengan berbagai universitas di Tiongkok, Australia, Filipina, dan Malaysia.

Peningkatan kompetensi lulusan juga dilakukan dengan kerja nyata, seperti membuka laboratorium bagi investor, meningkatkan kompetensi dosen dan proses belajar mengajar melalui workshop, serta melakukan seminar dan mengirim studi lanjut ke dalam atau luar negeri. Selain itu, diperlukan upaya meningkatkan interpreunership mahasiswa melalui kegiatan-kegiatan wirausaha.

Kerja sama yang dilakukan UAD dengan beberapa universitas luar negeri pun tidak lain untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan pembelajaran yang setara dengan tingkat internasional. Harapannya, kompetensi lulusan tidak kalah dalam kualitas maupun kuantitas, agar dapat bersaing dengan negara-negara maju di dunia.

“Semoga dengan berbagai upaya peningkatan kompetensi lulusan, kualitas, dan kemampuan berkompetensi, anak-anak kita dapat diandalkan di pasar kerja. Marilah mencari solusi terbaik untuk kebaikan bersama,” tutur Dra. Salamatun Asakdiyah, M. Si. selaku dekan FE. (AKN)