Upaya UAD Menuju Penghijauan Islami

287

Tanam Pohon Qurani.

Pada Milad ke-55 Universitas Ahmad Dahlan (UAD) ini, dalam rangkaian acara family gathering, diadakan penanaman ketiga jenis pohon. Yaitu pohon tin (1 pohon), pohon waja (3 pohon) dan pohon zaitun (1 pohon). Penanaman pohon dilakukan seusai jalan sehat. Ketiga jenis pohon tersebut akan ditanam di lima titik oleh Rektor UAD Dr. Kasiyarno. M.Hum. beserta jajarannya.

“5 pohon tersebut merupakan pohon yang disebutkan di dalam al-Quran,” terang Listi Budhi Utami, seksi ilmiah di Milad UAD saat ditemui di ruang transit Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), Minggu (3/1/2015).

Listi menjelaskan, penanaman pohon qurani tersebut bertujuan untuk memperkenalkan tanaman-tanaman yang disebutkan dalam al-Quran.

Pohon-pohon qurani tersebut diperoleh dari sumbangan spontanitas keluarga besar dosen FMIPA dan FTDI yang menjadi host Milad ke-55 UAD tahun ini. Selain mewujudkan konsep unik penanaman pohon, dari pihak Prodi Biologi juga menyumbangkan beberapa jenis tanaman sebagai door prize yang kemudian dapat dibawa pulang oleh peserta dan ditanam di rumah.

“Kami ingin mewujudkan kampus IV yang islami, nyaman, dan membuat atmosfer akademiknya menjadi barometer di Yogyakarta,” tutur Listi, Kaprodi Pendidikan Biologi tersebut.

Tujuan pelaksanaan acara penanaman ini tentu sebagai langkah untuk menyongsong kampus UAD yang hijau, aman, dan nyaman.

UAD melalui unit finansial dan aset sebenarnya telah menyediakan lahan khusus untuk penanaman tanaman langka sebagai upaya mewujudkan kampus hijau. Tetapi, karena kondisi kampus yang masih dalam tahap pembangunan maka penanaman tanaman langka tersebut belum bisa dilaksanakan. Dalam perencanaannya, tanaman langka yang akan ditanam adalah tanaman-tanaman eksotik asli Indonesia, khususnya Yogyakarta yang hampir punah dan sudah dalam status dilindungi. Seperti tanaman kepel (khas keraton), sawo bludru,  dan sawo kecik.

Dengan berbagai upaya itu, segenap panitia berharap kampus IV bisa menjadi pusat studi yang bergengsi dengan kenyamanan untuk warga UAD, dan memberikan sumbangsih yang baik untuk lingkungan sekitar.

Selain penanaman pohon qurani, pada kesempatan tersebut juga ada pelepasan merpati dan balon berhadiah. Bagi yang menemukan balon berhadiah tersebut akan mendapatkan uang dari UAD.