Viki: Obati Malas Membaca lewat Poster

0
77
Vikistha saat meraih juara 1 lomba poster di UIN Ar-Raniry Banda Aceh

Bagi Vikistha Dimas Candra Wira Pratama Putra, poster memiliki peran penting bagi masyarakat. Terkhusus bagi dunia pendidikan. Seseorang yang kurang minat dalam membaca dapat sedikit terobati. Melalui poster yang menarik, masyarakat akan terbantu untuk tertarik membaca.

Viki mengaku mendapat informasi lomba poster dari teman. Kemudian, berbekal ide kreatif dan kesukaan dalam membuat poster, ia pun memutuskan untuk ikut lomba. Tak tanggung-tanggung, ia kantongi juara 1 pada lomba tingkat nasional ini.

Sebuah poster yang digarapnya mengangkat tema “Terciptanya Generasi Emas Tahun 2045”. Gambaran posternya, ada seorang laki-laki dan seorang perempuan. Mereka berdua adalah generasi penerus bangsa. Untuk menyampaikan pesan lebih detail melalui poster, ada beberapa hal yang perlu disiapkan yaitu kreatif, berpikir kritis, kerja sama, kecerdasan emosi, komunikatif, dan kolaborarif.

“Dalam rangka menunjang generasi emas 2045, poster ini saya kirim untuk dilombakan di UIN Ar-Raniry Banda Aceh. Tahapannya tergolong mudah, hanya mengirim file dan menyantumkan deskripsi singkat. Setelah bimbingan, dosen menyarankan supaya poster dibuat secara modern, dengan harapan dapat menunjang generasi 2045. Saran saya terima, namun tetap menyuguhkan sisi menarik poster untuk menarik minat baca khalayak,” pungkasnya pada 5-11-19 di Hall Kampus Utama UAD. (Dew)