Workshop Magister Fisika: Pemanfaatan Fenomena Alam Sebagai Media Pembelajaran

0
163

Magister Pendidikan Fisika Universitas Ahmad Dahlan (UAD) mengadakan workshop yang bertemakan: “Pemanfaatan Fenomena Alam untuk Pembuatan Media Pembelajaran Fisika dengan Video Based Laboratory (VBL)”. Kegiatan workshop ini diperuntukkan semua guru Madrasah Aliah se-DIY dalam wadah organisasi Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP). Workshop dihadiri oleh lebih dari 40 orang yang bertempat di MAN 3 Yogyakarta, Jl. Magelang, Yogyakarta mulai pukul 08.00 – 14.00 WIB, Kamis, 02/02/2012.

Dengan pemateri pertama oleh Dr. Moh. Toifur dengan topik yang memberikan materi tentang Pengembangan Keprofesian sebagai Pertanggungjawaban Tenaga Pengajar Tersertifikasi. Selanjutnya pemateri kedua dilanjutkan oleh Drs. Fatkhullah, M.Si. yang menyampaikan tentang Pembelajaran Fisika Berbasis Fenomena dengan VBL. Alat VBL yang dapat digunakan antara lain HP, tape recorder, software dan Logger Pro. Materi juga disampaikan oleh Ichwan Anyono, S.Pd. selaku perwakilan dari mahasiswa yang menyampaikan materi Penentuan Sudut dengan Metode Garis Singgung Kurva.

“Saya berharap dengan adanya workshop kali ini dapat bermanfaat untuk karya dalam pembelajaran Fisika di sekolah mereka masing-masing.” terang Drs. Fatkhulloh, M.Si.

“Acara ini sesungguhnya lebih kepada pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh Pascasarjana Magister Pendidikan Fisika UAD. Serta membangkitkan guru-guru sebagai inovasi dengan pembelajaran yang inovatif berbasis IT.” tambahnya saat ditemui di kantornya.

Workshop ini mendapatkan respon yang sangat baik karena guru menyadari bahwa sebuah model pembelajaran Fisika itu tidaklah mahal, yang dibutuhkan adalah kekreativitasan dan inovasi. Tentu dengan bekal utamanya adalah kemampuan dalam Fisika dan Matematika. Yang dipraktikkan dalam workshop adalah model pembelajaran Fisika agar dalam praktikum dapat menghemat biaya dalam demo yang melibatkan guru Fisika.

Diambil sebagai contoh adalah Gerak Jatuh Bebas menggunakan aplikasi Logger Pro sehingga gaya gravitasinya akan terlihat dengan mentracking gerak benda dari waktu ke waktu maka di monitor akan muncul secara bersamaan data dan grafiknya, sehingga metode ini akan menghilangkan mist konsepsi pada siswa. (Ens)

Magister Pendidikan Fisika Universitas Ahmad Dahlan (UAD) mengadakan workshop yang bertemakan: “Pemanfaatan Fenomena Alam untuk Pembuatan Media Pembelajaran Fisika dengan Video Based Laboratory (VBL)”. Kegiatan workshop ini diperuntukkan semua guru Madrasah Aliah se-DIY dalam wadah organisasi Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP). Workshop dihadiri oleh lebih dari 40 orang yang bertempat di MAN 3 Yogyakarta, Jl. Magelang, Yogyakarta mulai pukul 08.00 – 14.00 WIB, Kamis, 02/02/2012.

Dengan pemateri pertama oleh Dr. Moh. Toifur dengan topik yang memberikan materi tentang Pengembangan Keprofesian sebagai Pertanggungjawaban Tenaga Pengajar Tersertifikasi. Selanjutnya pemateri kedua dilanjutkan oleh Drs. Fatkhullah, M.Si. yang menyampaikan tentang Pembelajaran Fisika Berbasis Fenomena dengan VBL. Alat VBL yang dapat digunakan antara lain HP, tape recorder, software dan Logger Pro. Materi juga disampaikan oleh Ichwan Anyono, S.Pd. selaku perwakilan dari mahasiswa yang menyampaikan materi Penentuan Sudut dengan Metode Garis Singgung Kurva.

“Saya berharap dengan adanya workshop kali ini dapat bermanfaat untuk karya dalam pembelajaran Fisika di sekolah mereka masing-masing.” terang Drs. Fatkhulloh, M.Si.

“Acara ini sesungguhnya lebih kepada pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh Pascasarjana Magister Pendidikan Fisika UAD. Serta membangkitkan guru-guru sebagai inovasi dengan pembelajaran yang inovatif berbasis IT.” tambahnya saat ditemui di kantornya.

Workshop ini mendapatkan respon yang sangat baik karena guru menyadari bahwa sebuah model pembelajaran Fisika itu tidaklah mahal, yang dibutuhkan adalah kekreativitasan dan inovasi. Tentu dengan bekal utamanya adalah kemampuan dalam Fisika dan Matematika. Yang dipraktikkan dalam workshop adalah model pembelajaran Fisika agar dalam praktikum dapat menghemat biaya dalam demo yang melibatkan guru Fisika.

Diambil sebagai contoh adalah Gerak Jatuh Bebas menggunakan aplikasi Logger Pro sehingga gaya gravitasinya akan terlihat dengan mentracking gerak benda dari waktu ke waktu maka di monitor akan muncul secara bersamaan data dan grafiknya, sehingga metode ini akan menghilangkan mist konsepsi pada siswa. (Ens)