Era Baru Kegiatan Belajar Mengajar Matematika Berbasis Kebudayaan Indonesia
Kedaulatan Rakyat (23 Maret 2022)
Rully Charitas
TERDAPAT sejumlah irisan atas kelebihan gagasan Freudhenthal terkait Realistics Mathematics Education (RME) dan D’Ambrosio tentang Ethnomathematics. Keduanya juga memiliki tujuan dan semangat yang sejalan untuk menciptakan pembelajaran matematika yang memudahkan siswa dalam memahami konsep dasar setiap topik dalam matematika. Kemudahan akan membuat siswa menemukan sendiri pembelajaran untuk memahami kegunaan ilmu pengetahuan yang dipelajarinya dalam upaya meresponse realitas kehidupan disekitarnya. Selama ini, pendekatan RME telah diimplementasikan dengan salah satu karakteristiknya adalah menggunakan konteks nyata yang digunakan sebagai titik awal dalam proses pembelajarannya.
Selengkapnya https://www.krjogja.com/opini-2/era-baru-kegiatan-belajar-mengajar-matematika-berbasis-kebudayaan-indonesia/