Strategi Kreatif Menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN
Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah Fakultas Ekonomi (IMM FE) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) menyelenggarakan seminar nasional dengan tema “Strategi Kreatif Menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) 2015” pada Sabtu, (28 /3/2015) di auditorium kampus 1.
“Kegiatan tersebut dilaksanakan untuk mengembangkan kualitas akademis civitas FE UAD pada khususnya, serta menambah jaringan dan kerja sama. Ini juga merupakan ajang untuk diskusi dan sharing kesiapan Indonesia menghadapi MEA,” tutur Dewi Amalia, SE., M.Si., selaku Kaprodi Akuntansi dalam sambutan.
Sebagaimana diketahui, pada KTT ke-21 di Cebu-Filipina tahun 2007, ASEAN telah membulatkan tekad untuk menjadi kawasan yang terintegrasi, seperti termaktub dalam dokumen Cebu Declaration on the Acceleration of the Establishment of an ASEAN Community by 2015.
Komunitas ASEAN, sesuai dengan Bali Concord II tahun 2003, terdiri atas 3 pilar, yaitu Komunitas Politik-Keamanan ASEAN (ASEAN Political-Security Community/ASC), Komunitas Ekonomi ASEAN/KEA (ASEAN Economic Community/AEC), dan Komunitas Sosial Budaya ASEAN (ASEAN Socio-Cultural Community/ASCC). Melalui kegiatan ini, para akademisi dapat saling berdiskusi dan berinteraksi membahas isu tersebut.
Selain dosen dan mahasiswa, hadir pula Sukarman, S.Si., M.Ec.Dev., M.Sc. yang menjabat sebagai Kasubbid Analisis Kebijakan Perdagangan Luar Negeri, HR Gonang Djuliastono yang merupakan Kadin DIY, dan RaiRake Setyawan, SE., Gd Bus., MSA. selaku Dosen FE UAD. Mereka bertindak sebagai pembicara dalam seminar tersebut.(doc)
Leave a Reply
Want to join the discussion?Feel free to contribute!