Alfian, Sang Jawara Lomba Tangkai Sastra Penulisan Puisi di Peksiminas

0
78

Alfiandana Susilo Aji yang akrab disapa Alfian, mahasiswa dari Program Studi Sastra Indonesia Fakultas Sastra Budaya dan Komunikasi (FSBK) Universitas Ahmad Dahlan (UAD), berhasil membawa tropi juara 1 dalam tangkai lomba sastra penulisan puisi di Pekan Seni Mahasiswa Nasional (Peksiminas). Tentunya, pencapaian ini patut diacungi jempol.

Memang tidak diduga, anak pertama dari dua bersaudara pasangan Suparji dan Susilowati ini yang akan menang. Sebab, ia satu-satunya perwakilan dari UAD sekaligus DIY. Ia berhasil menumbangkan 32 peserta dari seluruh penjuru provinsi di Indonesia. Semua itu butuh perjuangan yang sangat keras.

Rasanya campur aduk antara kaget dan terharu. Alhamdulillah saya senang sekali karena bisa bersaing di tingkat nasional dan menang,” ungkap Alfian saat diwawancara, Minggu (25/10/2018).

Ia menjelaskan, proses kreatif itu dijalani sejak kuliah di UAD, yakni tiga tahun lalu. Untuk bisa berproses menulis, ia banyak mengikuti kegiatan diskusi di komunitas yang ia ikuti, seperti kelompok belajar sastra Jejak Imaji dan Komunitas Musim Laron yang ia buat bersama teman Program Studi Sastra Indonesia.

Sebelumnya, saya banyak belajar kepada senior dan teman-teman. Banyak membaca, membaca, dan membaca untuk menambah referensi dengan observasi ke lapangan.”

Persiapan sebelum ikut Peksiminas terbilang singkat, hanya satu bulan lebih, dengan mentor sastrawan nasional yaitu Iman Budisantosa dan Indrian Koto. Mentor itu salah satu bentuk fasilitas dari UAD untuk menggali ide saat menulis puisi.

Harapan ke depan, saya bisa lebih produktif dalam berkarya, sering berkontribusi dalam sastra, serta lingkungan akademik. Untuk teman-teman, saya berharap bisa terpantik, terpacu semangatnya untuk terus bergiat dalam bidang sastra, khususnya mahasiswa Program Studi Sastra Indonesia UAD,” pungkasnya.

Sebelum menjuarai Peksiminas, Alfian pernah mendapatkan juara 2 di Pekan Seni Mahasiswa UAD (Peksimuda) dan juara 1 di pekan Seni Mahasiswa Daerah (Peksimida) se-DIY. (ASE)