Apresiasi Puisi dengan Drama Musikal Puisi

0
213

Setelah Parade Monolog di tahun 2013 lalu, Teater Jaringan Anak Bahasa (JAB), Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) UAD Yogyakarta kembali suguhkan pertunjukan dalam pementasan drama musikal puisi. Pementasan drama musikal puisi tersebut akan diselenggarakan pada Sabtu, 22 Maret 2014 di Concert Hall, Taman Budaya Yogyakarta (TBY) dengan judul “Ekuilibrium Cinta”.

 Ketua Teater JAB, Nasirin, mengungkapkan pementasan drama musikal puisi ini sengaja dirancang untuk mengapresiasikan karya sastra terutama puisi. Tidak dapat dielakkan, Teater JAB merupakan bagian dari PBSI yang lekat dengan karya sastra.

“Ini juga merupakan pementasan drama musikal puisi pertama di UAD, bahkan Indonesia,” tutur Nasirin. Dia juga mengungkapkan bahwa drama musikal ini wujud keikutsertaan Teater JAB dalam menggagas kreativitas kesenian sebagai usaha pelestarian kebudayaan secara utuh.

Naskah karya Sule Subaweh (Suliman) ini mengutip sebuah keseimbangan sifat yang melekat pada diri manusia. Naskah tersebut diambil dari 35 lebih judul puisi dan 25 penyair. Isinya mengutarakan tentang titik kesimbangan yang menjadi naluriah dan hasrat manusia dalam menentukan jalan kehidupan melalui cinta. Tidak hanya cinta pada sesama tetapi juga cinta pada Tuhan dan makhluk lainnya yang dibungkus halus melalui pertunjukan drama musikal. Untuk informasi lebih lanjut tentang acara ini, Anda dapat menghubungi Faijah (085643565232) atau Nasirin (085643049838).(idj)