Artha: Sampaikan Pesan lewat Fotografi

133

Artha Prima Bagaskara begitu nama lengkapnya. Kini ia sedang menuntut ilmu di Program Studi Bimbingan dan Konseling (BK). Sejak Sekolah Menengah Atas (SMA), kesukaannya dalam fotografi sudah mulai mekar. Hasil tangkapan lensa yang diunggah di Instagram terlihat apik. Tak jarang, fotonya selalu menyelipkan makna tersirat di dalamnya.

Kegemarannya itu akhirnya disalurkan pula pada lomba fotografi yang diadakan oleh Program Studi BK. Tahun lalu, ia mendapat juara 3 fotografi kategori kelompok. Tahun ini, namanya terpanggil untuk memenuhi panggung dalam acara Count Fest 2019 sebagai juara 1 mewakili angkatan 2016. Piala yang ia pegang turut memeriahkan serangkaian milad program studinya yang ke-35 tahun.

Tema lomba fotografi yang Artha ikuti yaitu Ramadan. Ia mengambil gambar di Masjid Perak, Kotagede. Saat memenuhi kesukaannya di lomba fotografi, Artha mengaku tidak mempunyai hambatan, karena sudah mempunyai konsep dari awal. Tempat foto dan objek yang akan difoto sudah terkonsep dengan matang. Mengumpulkan ide sekitar seminggu. Selanjutnya, sesi foto cukup sehari jadi olehnya.

Gambaran hasil fotonya, ada empat orang. Dua guru ngaji yang sedang mengajarkan ngaji kepada kedua muridnya. Pesan yang ia sampaikan dalam fotonya yaitu supaya kita sebagai manusia muslim meningkatkan mengaji atau baca Alquran.

Saat diwawancarai, senyumnya sumringah memegang piala juara satu. Selain mendapatkan piala, ia juga mendapat uang pembinaan. Dirinya begitu senang dan bersyukur. Piala tersebut dipersembahkan Artha untuk kelas 6-E.

“Bagi teman-teman, teruslah menginspirasi banyak orang. Kalau suka dalam fotografi tetaplah semangat, kreatif, dan inovatif. Carilah keindahan dalam foto melalui fotografi,” ujarnya pada 29-9-19 di Graha Wana Bakti Yasa. (Dew)