Bedah Buku Adicerita Hamka

0
252

“Kami PMW DIY bekerja sama dengan MPI dan perpustakaan Universitas Ahmad Dahlan (UAD) membedah buku ini. Dengan adanya acara ini, kita bisa tahu siapa Buya Hamka, ulama yang serbabisa dan kehidupannya yang sangat bebas. Kami juga sangat berterima kasih karena 3 pembedah merupakan orang yang sangat ahli di bidang ini,” ucap Pimpinan Muhammadiyah Wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta (PMW DIY) Ahmad Muhadjir, Lc. M.A. saat membuka acara.

Acara bedah buku yang berlangsung Kamis (28/12/2017), pukul 09.00-12.00 WIB di auditorium lantai 1 Islamic Center UAD Jln. Ringroad, Tamanan, Banguntapan, Bantul ini menghadirkan 3 pemateri yang kelahirannya sama dengan Buya Hamka, yakni di pulau Sumatra. Mereka adalah Prof. H. Ahmad Syafi’ie Ma’arif, Prof. Dr. H. Yuhanar Ilyas, Lc., M.Ag., dan Nasir Tamara, Ph.D.

Adicerita Hamka “Visi Islam Sang Penulis Besar untuk Indonesia Modern” merupakan karya James R. Rush dari Arizona State University. Sebelum menulis buku ini, ia berkunjung ke tempat Prof. H. Ahmad Syafi’ie Maarif di Jakarta, untuk bertukar pikiran tentang Islam di Indonesia, khususnya tentang pemikiran H. Abdul Malik Karim Amrullah (Hamka). James tertarik meneliti Hamka ketika membaca karyanya seperti Merantau di Deli, Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck, dan berlanjut pada karya-karya besar lainnya, termasuk Tafsir al-Azhar. Oleh sebab itu, ia melahirkan buku tentang kehidupan Hamka yang bisa dijadikan teladan ulama sekarang.