Bimtek Daring Pendidikan Profesi Guru di UAD

0
220

Rabu (3-7-2019), berlangsung Bimbingan Teknis (Bimtek) Pembelajaran Daring Pendidikan Profesi Guru (PPG) dalam jabatan angkatan V tahun 2019, yang diselenggarakan oleh Program Studi Pendidikan Profesi Guru (PPG) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Ahmad Dahlan (UAD). Acara yang bertempat di lantai satu Fakultas Kedokteran kampus IV UAD ini bertujuan untuk menambah bekal bagi guru yang sedang mengikuti PPG.

Dr. Sri Hartini M.Pd. selaku Kaprodi PPG dalam sambutannya memberikan semangat dan arahan untuk peserta. Ia mengajak tepuk PPG diiringi gerakan. Senyum, sapa, salam, semangat, sukses, dan surga! Begitu bunyi dari tepuk dan salam PPG. Selain untuk memberi semangat, tepuk ini juga memiliki esensi bahwa seorang guru harus ikhlas dan profesional dalam mengemban tugas maka insya Allah balasannya surga.

Sementara itu, materi Bimtek diberikan oleh Febrianto Amri Ristadi dari Teknik Mesin Universitas Negeri Yogyakarta (UNY). Kesukaan dalam bidang e-learning dan pembelajaran daring, membuat dirinya diundang oleh program studi PPG FKIP UAD untuk membimbing teknis peserta PPG. Selanjutnya, alur PPG dalam jabatan 2019 disampaikan secara rinci oleh Amri, yang diikuti oleh peserta dengan praktik di laptop masing-masing.

Uji kompetensi profesi merupakan syarat mengikuti PPG jika sudah dinyatakan lulus. Secara umum, peserta dari guru tingkat nasional yang terdiri atas 66 perguruan tinggi se-Indonesia, baik PTN dan PTS. Peserta seharusnya ada 168, tetapi yang hadir hanya 77 orang. Kali ini peserta dari jurusan Bimbingan dan Konseling, Pendidikan Guru PAUD, Pendidikan Guru SD, serta Pendidikan Bahasa Inggris.

Peserta tidak hanya dari Yogyakarta dan Jawa Tengah. Namun ada dari Sulawesi, Kalimantan, Lampung, Bangka, dan NTB. Para peserta yang jauh dari kampus bisa lihat live streaming yang disediakan oleh UAD.

Hartini menjelaskan, bimbingan sudah mulai dari tahun 2017 hingga 2019. Pada tahun ini ada lima gelombang dari Januari sampai akhir November. Bimtek daring kali ini merupakan gelombang lima pada tahun 2019.

Bimtek merupakan tahap awal supaya mahasiswa PPG bisa melakukan daring atau pembelajaran online. Setelah tiga bulan setengah melaksanakan daring, bulan keempat datang ke UAD untuk melakukan pelatihan dan PPL masing-masing selama tiga minggu.

“Saya berpesan untuk guru dalam jabatan, supaya serius karena tuntutan pembelajaran semakin sulit dan kemajuan teknologi berpacu terus dengan waktu. Sehingga, tetap harus meningkatkan kualitas diri. Bagi yang belum jadi guru atau prajabatan, harus lebih bersemangat. Bagi anak-anak muda harus menyiapkan bekal untuk jadi guru masa depan yang profesional,” pesan Hartini selaku Ketua program PPG. (Dew)