Biologi Tingkatkan Daya Saing Saintis Muda Indonesia

0
87
Dra. Listiatie Budi Utami, M.Sc. sedang memberikan sambutan dalam acara seminar dan lomba poster Biologi UAD 2018 yang diadakan di aula Islamic Center UAD pada Sabtu (5/5/2018).

Program Studi Biologi Universitas Ahmad Dahlan (UAD) bekerja sama dengan Himpunan Mahasiswa Program Studi Biologi (HMPS Biologi) menyelenggarakan acara seminar dan lomba poster Biologi UAD 2018 . Acara ini diadakan di aula Islamic Center UAD pada Sabtu (5/5/2018).

Tema “Biologi yang Meningkatkan Daya Saing Saintis Muda Indonesia” dipilih untuk acara ini. Hadir sebagai pembicara yakni Dr. Harry Murty (Manager Functional Stem Cell and Cancer Institute, PT Kalbe Farma Indonesia), Dr. Supriyatiningsih, Sp.OG.,M.Kes. (Dokter spesialis  obsygn/kandungan, RS Asri Medical Center Yogyakarta ahli bidang Reproduksi dan Kesehatan Remaja), dan Agung Budiantoro, S.Si.,M.Si. (Wakil Dekan FMIPA UAD ahli bidang  Keanekaragaman dan Konservasi Penyu).

Dalam acara tersebut, sekaligus dilaksanakan pengumuman lomba poster yang diikuti oleh siswa SMA/MA se-DIY dan Jateng. Acara dilatarbelakangi agar UAD terus berkembang dan tidak boleh surut ke belakang meskipun persaingannya luar biasa. Oleh karena itu, biologi mempersiapkan diri untuk ambil bagian dalam kompetisi tersebut dengan mengandeng sekolah-sekolah untuk mengenal UAD dan Program Studi Biologi secara dekat.

Dra. Listiatie Budi Utami, M.Sc., Kepala Program Studi Biologi mengatakan, acara ini diadakan untuk mengandeng para siswa SMA/MA dan mahasiswa di semester bawah agar paham peran mereka.

“Tema yang kami ambil adalah ‘Biologi yang Meningkatkan Daya Saing Saintis Muda Indonesia’. Ini memang tema yang dikemas untuk biologi masa depan. Jadi, biologi itu bukan ilmu yang mati, tetapi ilmu yang menarik dan bisa disesuaikan dengan perkembangan IPTEK,” ujarnya. (dta)