BK UAD Pertama Kali Selenggarakan Seminar Nasional di TBY

0
235

Dalam rangka memperingati Milad ke-34, Program Studi Bimbingan dan Konseling Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Ahmad Dahlan (BK FKIP UAD) menyelenggarakan seminar nasional dengan mengusung tema “Peran Bimbingan dan Konseling dalam Mengembangkan Pendidikan Karakter dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0”.

Seminar ini mengundang pembicara yang sangat menarik yakni Dr. Muhammad Fahrozin, M.Pd. Sebanyak 690 peserta, mulai dari mahasiswa, dosen, alumni (BK), serta mahasiswa lain dari penjuru universitas yang ada di Yogyakarta turut menghadiri acara ini. BK memang rutin melaksanakan seminar untuk penutupan milad. Uniknya, kali ini terselenggara di Taman Budaya Yogyakarta (TBY), pada Minggu (12/8/2018) pagi.

“Saya bersyukur Counselor Festival sekaligus seminar dapat diadakan di TBY. Perlu diketahui, tempat ini merupakan panggung untuk menampilkan beragam kebudayaan. Hebatnya lagi, mahasiswa BK sudah mulai bersentuhan dengan budaya, dibuktikan dengan adanya tarian yang menjadi pembuka acara,” puji Dr. Muchlas, M.T. selaku Wakil Rektor I pada sambutannya.

Muchlas juga menyinggung tentang seminar. Menurutnya, kita harus mengetahui kalau perubahan zaman merupakan akses kemudahan, kenyamanan, sekaligus ancaman bagi kita. Sekarang zaman sudah serbadaring, bahkan ada guru atau dosen daring yang bisa dengan mudah diakses di mana saja. Dari kenyamanan itu, akan menyebabkan kepunahan bagi pengajar yang medianya hanya bertatap muka saja, seperti kita. Sebentar lagi, dunia konselor akan mengalami seperti itu juga.

“Perubahan zaman sudah menjadi tantangan untuk kita semua. Maka dari itu dengan adanya seminar kali ini, semoga mahasiswa BK dapat pencerahan untuk menjawab tantangan zaman ke depan,” tukasnya.

Seminar lebih meriah karena adanya penampilan Kesenian Bimbingan dan Konseling, band KSBK, serta band Lyla. (ASE)