Chairil Anwar: Kebersamaan Adalah Ciri Bangsa Indonesia

0
86

Dalam rangka Program Pengenalan Kampus (P2K) tahap dua, Universitas Ahmad Dahlan (UAD) selenggarakan kuliah umum pada Selasa (4/9/2018) pukul 12.30-14.30 WIB di Masjid Islamic Center UAD.

Kegiatan ini mengangkat tema “Bersama UAD Kita Tingkatkan Jiwa Kepemimpinan untuk Memperkokoh Kebersamaan dan Kebhinekaan di Era Milenial”. Prof. Dr. Chairil Anwar selaku Wakil Ketua Majelis Dikti hadir sebagai narasumber.

Anwar mengatakan, “Generasi milenial dimulai sejak tahun 2000 hingga sekarang. Generasi ini usianya dimulai dari 15 hingga 35 tahun. Salah satu ciri mereka adalah generasi yang sangat tergantung pada gawai.”

“Salah satu ciri generasi muda adalah cenderung bersifat lebih individual. Di era milenial ini juga terdapat revolusi industri, jadi selalu dikaitkan dengan gawai. Maka, sekarang sangat populer yang disebut online. Revolusi industri keempat sangat berdampak terhadap kegiatan masyarakat, terutama di bidang bisnis,” lanjutnya.

Menurut Anwar, Indonesia adalah bangsa yang memiliki beragam suku bangsa dan memiliki ciri yakni kebersamaan. Kebinekaan adalah keberagaman. Berbeda-beda tetapi berada dalam satu kawasan yang bernama Indonesia. Kita beragam asalnya, terutama suku bangsa kita mulai dari Aceh sampai Papua, tetapi kita sepakat sebagai bangsa Indonesia.

Generasi milenial, meskipun sudah merasa canggih karena selalu terhubung dengan gawai dan online, harus tetap berjiwa dan menjunjung kebersamaan. Terlebih lagi keistimewaan itu dapat diterapkan di dalam dunia bisnis yang kekinian.