Earth Hour di UAD

0
240

Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Ahmad Dahalan (BEM UAD) menyelenggarakan Earth Hour di parkiran utara Islamic Center (IC) UAD Jln. Ringroad Selatan, Tamanan, Banguntapan, Bantul. Acara ini berlangsung pada Sabtu (24/03/2018) pukul 19.00 WIB-selesai, dengan mengangkat tema “Pesan dari Tahun 2050, Hemat Energi di Kemudian Hari, Romantic Night with UAD”.

Earth Hour merupakan kampanye global World Wide Fund for Nature (WWF), yang pertama kali dilakukan pada tahun 2007. Acara ini melibatkan seluruh masyarakat di dunia untuk mengetahui isu-isu dan mengarahkan komitmen warga agar mengetahui dampak penggunaan listrik secara berlebihan.

Indonesia merupakan negara yang rutin melaksanakan Earth Hour sejak 2009. Jakarta menjadi kota pertama yang melakukannya. Setelah itu, Earth Hour mulai merambah ke 30 kota di Indonesia, salah satunya Yogyakarta.

Acara ini bertujuan untuk mengajak masyarakat supaya hemat terhadap energi listrik. Sebab, terdapat penelitian yang mengatakan bahwa energi yang masih ada di bumi ini hanya tinggal 2% saja.

“Jadi, mari kita selalu menggunakan listrik dengan baik. Sebenarnya, banyak daerah di Indonesia yang sangat membutuhkan energi listrik. Kita yang sudah memiliki fasilitas lebih, mari memanfaatkan itu dengan baik, jangan pernah dihambur-hamburkan. Jika suatu saat energi sudah tidak ada, saya harap mahasiswa UAD bisa menciptakan energi-energi baru untuk menggantikan energi yang sudah mengurang di bumi ini,” ucap Dr. Abdul Fadlil, M.T. selaku Wakil Rektor III UAD.

Acara ini dimeriahkan dengan pembacaan puisi, penampilan seni tari, renungan, musik akustik, dan pantomim.(ASE)