Expology 2019: Terlahir Berbeda, Berani Menginspirasi

0
75

Fakultas Psikologi Universitas Ahmad Dahlan (UAD) selain membekali pengetahuan, juga menyediakan wadah bagi mahasiswa untuk menyalurkan minat dan bakat sehingga dapat terolah menjadi soft skills yang berkualitas. Fakultas ini membuat sebuah acara yang bernama Expology untuk memperkenalkan LSO, Ortom, dan Ormawa kepada mahasiswa baru.

Tema Expology kali ini yaitu Born to Be Different Dare to Be Inspire. Esensinya yaitu mahasiswa terlahir untuk keluar dari zona nyaman. Terlahir berbeda, tapi berani untuk menginspirasi. Ibarat kata, setiap orang punya warna yang berbeda-beda. Misal ada warna ungu dan kuning. Setiap perbedaan mempunyai sesuatu yang menonjol sendiri-sendiri. Seperti pelangi, harapan panitia mahasiswa baru bisa mengoptimalkan diri sesuai dengan minat dan bakat mereka.

Mutiara Charismatika selaku ketua panitia dari Program Studi Psikologi angkatan 2018 menjelaskan, “Expology sudah terselenggara sejak 2017. Ini adalah program kerja (proker) dari Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) yang dilakukan oleh Departemen PSDM. Tujuannya untuk memperkenalkan LSO, Ortom, dan Ormawa di dalam Fakultas Psikologi. Gabungan komunitas menyediakan stand-stand untuk para mahasiswanya. Total stand ada 13 yaitu 10 LSO, 1 BEM, 1 DPM, dan 1 IMM.”

Aktivis Poros UAD itu menambahkan, “Harapan kami, mahasiswa baru lebih kenal lagi dengan komunitas di dalam fakultas, mengoptimalkan, dan lebih banyak berkontribusi bagi kampus. Jadilah satu kesatuan untuk bersinergi dan saling mendukung untuk bersama-sama berprestasi. Semoga generasi Dahlan Muda lebih banyak mengikuti lomba untuk mengembangkan potensi hingga tingkat internasional.”

Persiapan digencarkan panitia sejak Agustus. Semua keluarga besar mahasiswa Fakultas Psikologi boleh datang. Namun acara yang dilaksanakan selama dua malam ini sasaran utamanya adalah mahasiswa baru. Selain penampilan angkatan dan penampilan LSO, ada juga sebuah grup band dari persatuan S2 Psikologi yang menjadi guest star. Partisipasi dan apresiasi penuh diberikan oleh Nurfitria Swastiningsih, S.Psi., M.Psi., Psikolog. selaku Sekretaris Program Studi Psikologi. Ia turut memainkan alat musik bersama grup band yang tampil. (Dew)