FAI UAD adakan Seminar Internasional

0
151

Sudah menjadi agenda tersendiri bagi setiap fakultas yang ada di Universitas Ahmad Dahlan (UAD) untuk menyelenggarakan Seminar baik itu dalam skala nasional maupun internasional. Sebagai Perguruan Tinggi Swasta, UAD menjadikan kegiatan seminar ini menjadi kegiatan rutin yang diselenggarakan setiap tahunnya.

Rabu (07/05/14) Untuk pertama kalinya Fakultas Agama Islam Universitas Ahmad Dahlan (FAI UAD) mengadakan seminar Internasional dengan tema Living Phenomena of Arabic Language and Al-Quran”. Bertempat di Auditorium Kampus I UAD. Jalan Kapas 09 Semaki Yogyakarta.

Abdul Malik, S.S, M.Hum (Dosen FAI UAD) selaku ketua panitia acara tersebut Menuturkan, “Acara Seminar Internasional ini diselenggarakan selama 1 (satu) hari dengan pembicara utama 5 (lima) orang yakni Dustin C. Cowell (Guru Besar Bahasa dan Sastra Arab Universitas Wisconsin, Madison, Amerika Serikat). Syihabuddin Qalyubi (Guru Besar Stilistika Arab UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta). Muhammad bin Sa’ad al-Shaway (Guru Besar Bahasa Arab Universitas Imam Muhammad bin Saud, Riyadh). Sahiron Syamsudin (Otto-Friedrich University of Bamberg, Jerman) Haji Mohammad Seman (Ketua Program Studi Pascasarjana Linguistik Arab University Malaya)”.

“Peserta seminar datang dari berbagai perguruan tinggi baik negeri maupun swasta di Indonesia dan 3 (tiga) perguruan tinggi dari luar negeri yakni Universiti Malaya (Malaysia), Universitas Kanal Suez (Mesir), Universitas Al-Azhar (Mesir)”.

Peserta terdiri dari Pemakalah cluster ada 40 orang rinciannya Cluster 1 (Bahasa dan Sastra Arab) berjumlah 9 pemakalah. Cluster 2 (Bahasa Arab dan Al-Quran) berjumlah 7 pemakalah. Cluster 3 (Pembelajaran Bahasa Arab) berjumlah 9 pemakalah. Cluster 4 (Tafsir Al-Quran Interdisipliner) berjumlah  8 pemakalah. Cluster 5 (Pendekatan dalam Penafsiran Al-Quran) berjumlah 7 pemakalah”.

Peserta non-pemakalah sebanyak 197 orang dengan rincian: Dosen 71 orang Guru 25 orang Ahli/Praktisi 47 orang Mahasiswa S2 dan S3 54 orang dan Peserta mahasiswa S1 tidak terdata secara rinci yang berasal dari berbagai PT yang ada di Indonesia.

Acara yang disponsori oleh jurnal Insyirah ini merupakan puncak acara Pekan Ilmiah Bahasa Arab (PIBA) yang berlangsung dari tanggal 1 sampai 7 Mei 2014. Acara PIBA ini rencananya akan dipatenkan sebagai acara rutin FAI per dua tahun sekali. PIBA tahun ini mencakup acara bedah Kamus KIBAR, bazaar buku, dan seminar. Acara PIBA terselenggara atas kerjasama fakultas dan BEMF.