Festival Bulan Bahasa, Dedi: Surganya Kegiatan Mahasiswa Ada di UAD

0
143

 

Dalam semarak Milad ke-37, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Ahmad Dahlan (UAD), kembali selenggarakan festival bulan bahasa dengan mengusung tema “Eksistensi Bahasa dan Sastra Indonesia dalam Mempertahankan Jati Diri Bangsa”.

Festival yang berlangsung di kampus 4 Jln. Ringroad Selatan, Tamanan, Banguntapan, Bantul, Minggu (14/10/2018), resmi dibuka oleh Dr. Dedi Pramono, M.Hum., selaku Kepala Biro Kemahasiswaan dan Alumni (Bimawa) UAD.

“Saya ucapan terima kasih kepada seluruh peserta dan pendamping yang telah menyemarakkan festival ini,” kata Dedi dalam sambutannya.

Dedi menjelaskan, di UAD kegiatan kemahasiswaan sangat aktif, dibuktikan pada hari itu terdapat empat acara bersamaan. Sehingga, pimpinan UAD membagi tugas untuk menghadiri undangan dari kegiatan-kegiatan kemahasiswaan. Berkat dari kegiatan itu juga, UAD tercatat sebagai salah satu perguruan tinggi yang masuk peringkat atas kategori kegiatan kemahasiswaan tingkat nasional.

“Surganya kegiatan mahasiswa ada di UAD,” ungkapnya.

Ia juga mengimbau, tahun depan jika panitia bekerja sama dengan Bimawa, festival ini akan menjadi lebih besar dan peserta lomba akan lebih banyak. Apalagi, tema yang diusung terkait kebahasaan.

“Perlu diketahui, kedudukan bahasa sangat istimewa dalam suatu negara. Karena dengan bahasa itu, orang dapat membedakan identitas suatu masyarakat.”

Dr. Triwati Rahayu, M.Hum., selaku Kepala Program Studi PBSI juga menyinggung, “Kita sebagai bangsa Indonesia harus bangga dengan bahasa kita, dan berusaha mengembangkan agar bahasa Indonesia bisa eksis di kancah internasional.”

Perlombaan dalam festival ini sangat bergengsi seperti lomba musikalisasi puisi se-Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) yang diikuti 8 kelompok, lomba esai nasional diikuti seluruh PTS Indonesia, dan Olimpiade Bahasa Indonesia Tingkat Nasional yang diikuti 60 peserta SMA/SMK sederajat seluruh Indonesia. (ASE)