Festival Sastra di UAD: Hidupkan Lampu Sastra

0
201

“Kegiatan sastra tidak seperti menekan tombol lisrik,” ungkap Drs. H. Jabrohim, M.M. selaku kepala Lembaga Seni Budaya dan Olahraga (LSBO) dalam pembukaan Festival Sastra pertama di Auditorium Kampus 2 Universitas Ahmad Dahlan (UAD)pada Sabtu, 7 Juni 2014.

Acara yang diselenggarakan selama dua hari, Sabtu-Minggu,  7 sd 8 Juni 2014 ini menghadirkan Prof. Dr. Suminto A. Sayuti dan pembacaan puisi oleh Emha Ainun Najib (Cak Nun).

“Festival tersebut diikuti oleh Universitas Muhammadiyah se-Indonesia. Ada berbagai perlombaan terkait dengan sastra pada kesempatan tersebut. Ada lomba musikalisasi puisi, penulisan puisi, penulisan cerpen, dan baca puisi” terang Dr Rina Ratih, M.Hum Ketua panitia penyelenggara.

Waki Rektor III Bidang Kemahasiswaan UAD, Dr. Abdul Fadlil, M.T. mengajak semua peserta dan hadirin dapat berperan dalam ajang ini. Dia juga berharap kegiatan ini mampu melahirkaan seniman atau sastrawan baru di lingkungan Muhammadiyah. Kegiatan ini juga diharapkan mampu mengasah intelektual di bidang penulisan dan bidang lain terkait karya sastra, sehingga mampu menumbuhkan spiritual dan emosional.

Acara yang dibuka langsung oleh Drs. H. Sukriyanto AR., M.Hum. tersebut berjalan dengan khitmat. Dia menuturkan bahwa kegiatan seni seperti sastra ini bisa menjadi salah satu jalan untuk menjalankan amal ma’ruf nahi mungkar. (idj)