Filosofi Logo Milad UAD 59

263

Universitas Ahmad Dahlan (UAD) pada tahun 2019 memasuki usia 59 tahun. Milad menjadi ajang yang diadakan setiap tahun untuk memperingati hari jadi UAD. Rangkaian milad diawali dengan peluncuran logo Milad UAD dan diakhiri dengan family gathering pada Januari mendatang. Logo menjadi hal yang sangat penting sebagai representatif maksud dan tujuan dari sebuah acara.

Logo tahun ini mengangkat dua poin utama yaitu tulisan Milad UAD berwarna biru dan oranye, serta angka 59 yang tampak menyatu. Warna biru dan oranye menggambarkan warna identitas visual UAD. Warna biru melambangkan keilmuan, sementara oranye sebagai lambang keagungan dan dinamika. Angka 59 berwarna oranye sebagai lambang institusi UAD, gradasi warna ungu sebagai lambang sivitas akademika serta ciri khas dari Fakultas Sastra, Budaya, dan Komunikasi (FSBK) sebagai panitia utama.

Bentuk angka 59 yang menyatu tanpa terputus melambangkan adanya sinergi antara pimpinan universitas dan segenap sivitas akademika UAD dalam mewujudkan media berkeadaban dan masyarakat berpendidikan.

Arif Ardy Wibowo, S.Sn., M.Sn. dosen FSBK selaku panitia sekaligus yang menyelesaikan desain logo menuturkan, “Proses kreatif desain dilakukan bersama-sama. Saya selalu meminta pendapat dan berdisikusi kepada rekan panitia maupun teman di luar kota yang lebih paham terhadap desain. Pak Kasiyarno juga memberikan sumbangsihnya berupa angka 59 yang menyatu kemudian saya selesaikan.”

Perbedaan logo Milad UAD 59 dengan logo sebelumnya ialah kesederhanaan. “Harapannya, semoga seluruh sivitas akademika UAD dan masyarakat luas dapat menikmati rangkaian acara milad, serta semuanya berjalan lancar,” tutup Arif saat ditemui di ruang dosen Ilmu Komunikasi pada Senin (4-11-2019). (Chk).