FKM UAD adakan Penelitian Cegah Obesitas Dengan Permainan Tradisional

0
205

Mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan (FKM-UAD) adakan penelitian alternatif untuk menurunkan angka obesitas pada anak SD kelas 4, di Sekolah Dasar Negeri I Glagahsari Yogyakarta Jum’at 7/3/14.

Solikhah, S.KM, M.Kes selaku dosen pembimbing menyampaikan, penelitian tersebut melalui permainan tradisional. Yaitu Permainan Benteng, Gatrik dan Gobak Sodor. “Dengan permainan tradisional obesitas pada anak bisa dikontrol” terangnya.

Lebih lanjut Solikhah menambahkan, anak tersebut diberi permainan tiap hari sabtu selama 80 kali (jangka waktu 4 bulan) guna menghitung kalori yang dikeluarkan oleh anak seusai permainan tersebut. Percobaan ini dilakukan dalam tiga waktu dengan permainan yang berbeda-beda, yaitu mulai dari 10 menit, 20 menit hingga 30 menit.

Solikhah berharap hasil penelitian yang dilakukannya bisa direkomendasi kepada pihak-pihak yang terkait bahwa Permainan Tradisional bisa menurunkan obesitas pada anak. Ia mengatakan permainan seperti ini sama halnya dengan berolahraga. Namun, tidak secara langsung seperti olahraga sepak bola, atau yang lainnya. Tapi permainan ini, cukup mengeluarkan keringat dan menguras energi.

Selain itu, permainan ini bisa memfasilitasi ruang gerak anak menjadi lebih banyak, tidak hanya terpaku kepada pelajaran sekolah yang lebih banyak aktifitas duduk di kelasnya.

Di tempat terpisah Solikhah menyampaikan bahwa dengan permainan ini kita bisa memfasilitasi ruang gerak anak menjadi lebih banyak, mereka terkadang masuk dari pagi pulang hingga sore, kemudian sedikit waktu untuk bisa berolahraga.

Selain permainan tradisional tersebut bagian dari jati diri anak bangsa, permainan tradisional bisa untuk meningkatkan solidaritas sesama anak dan melestarikan budaya leluhur. “Permainan ini disatu sisi bisa melestarikan budaya leluhur Indonesia. Menumbuhan solidaritas pada anak-anak sejak dini” ungkap dosen statisktik kesehatan FKM UAD ini.

Penelitian tersebut merupakan hasil dari lomba Pekan Kreatifitas Mahasiswa (PKM) yaitu, Ayyu Azkia, Fitriana, M. Ali Haider, Dwi Bayu Satmoko G, dan Yusran Atma Putra yang berhasil menang dan mendapatkan dana penelitian dari Dirjen Tinggi Pendidikan beberapa waktu lalu. (TS)