Hikmah Ibadah Puasa Ramadhan dan Cara Mengajarkannya kepada Anak

0
151

Nurul Hidayati Rofiah, M.Pd.I

PGSD Universitas Ahmad Dahlan

                Ibadah puasa merupakan kewajiban semua manusia yang beriman agar mereka menjadi orang-orang yang bertaqwa, sebagaimana Allah berfirman dalam Al-Qur’an surat Al-Baqarah ayat 183 yang artinya “Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa”

Bagi semua umat Islam puasa di bulan Ramadhan hukumnya wajib, bagi yang melaksanakannya ia akan mendapatkan pahala. Disamping itu, juga bagi yang melaksanakan sunah pada bulan Ramadhan akan diberi pahala seperti ibadah wajib, sedangkan beribadah wajib pahalanya akan dilipat gandakan menjadi 70 kali lipat dibanding pada bulan lain. Sebagaimana dalam hadist riwayat Ibnu Huzaimah “Dari Salman Al-farisi ra. berkata: Rasulallah saw. Memberi khutbah kepada kami dihari akhir dari bulan Sya’ban dan berkata: “Hai sekalian manusia akan datang bulan yang agung (Ramadhan) yaitu bulan yang penuh berkah didalamnya. Dalam bulan itu ada malam yang mulia (Lailatul Qadr) yang lebih utama dari seribu bulan. Allah telah mewajibkan puasa di bulan itu, dan shalat tarawih didalamnya sebagai ibadah sunah. Barang siapa yang melakukan kebaikan (ibadah sunah) di bulan itu pahalanya seperti ibadah wajib dibanding bulan yang lainnya. Dan barang siapa yang melakukan kewajiban di dalamnya, maka pahalanya seperti melakukan 70 kewajiban dibanding bulan yang lainnya. Bulan Ramadhan adalah bulan ditambahnya rizki orang mukmin, bulan diawal menjadi rahmat, ditengah menjadi ampunan dan diakhirnya merupakan kebebasan dari neraka”.

Alangkah beruntungnya bagi kaum muslimin yang dapat melaksanakan Ibadah puasa dibulan Ramadhan seperti yang dijelaskan Hadits di atas. Agar setiap kaum muslimin semua dapat melaksanakan ibadah puasa maka harus dibiasakan sejak kecil karena ibadah puasa akan terasa berat bagi yang belum terbiasa melakukannya. Oleh karena itu perlu dibiasakan sejak kecil ketika belum balig, agar ketika sudah balig mereka sudah sudah terbiasa melaksanakannya.

Untuk melatih anak agar berpuasa memang butuh kesabaran. Sebelumnya orang tua harus memberikan contoh terlebih dahulu kepada anak-anak untuk menjalankan puasa dan ibadah selama bulan Ramadhan. Seperti Sholat lima waktu, melaksanakan Tarawih, Tadarus Al-Qur’an dan sebagainya.

Adapun cara untuk mengajarkan puasa kepada anak agar mau melaksanakan ibadah puasa diantaranya: Memberikan penjelasan mengenai kebaikan puasa Ramadhan seperti yang terkandung dari hadits di atas dengan bahasa dan istilah yang mudah dimengerti oleh anak. Selain itu, dibiasakan anak ikut sahur bersama keluarga supaya bisa melaksanakan ibadah puasa, (dalam melaksanakannya, anak berpuasa sekuatnya anak saja meskipun puasa sampai dzuhur).

Ajak anak ikut sholat berjamaah dan jika masih memunkinkan, anak diajak untuk mengaji membaca Al-Qur’an. Mejanjikan sebuah hadiah kepada anak agar ia sungguh-sungguh melaksanakannya selama bulan Ramadhan

Demikian sebagian hikmah puasa dibulan Ramadhan yang penuh berkah dan sebagian cara untuk mendidik anak agar terbiasa berpuasa dibulan Ramadhan.