Kartini Masa Kini dari Beringharjo

0
283
Suasana pasar Beringharjo timur saat Lomba Fashion Show Buruh Gendong (5/4/2018) yang diadakan untuk memperingati Hari Kesehatan Sedunia, Hari Kartini, dan Milad ke-22 Fakultas Farmasi Universitas Ahmad Dahlan (UAD).

Dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Sedunia, Hari Kartini, dan Milad ke-22, Fakultas Farmasi Universitas Ahmad Dahlan (UAD) selenggarakan kegiatan Bakti Farmasi untuk Para Kartini Perkasa dari Beringharjo pada Kamis (5/4/2018).

“Alhamdulillah sudah 22 tahun kami berada di Yogyakarta dan pada kesempatan kali ini, kami berusaha untuk mewujudkan sesuatu yang sudah diberikan Kota Yogyakarta. Kami berusaha untuk mengabdi kepada masyarakat supaya mereka bisa merasakan manfaat dari keberadaan Fakultas Farmasi UAD,” kata Dekan Fakultas Farmasi, Dr. Dyah Aryani Perwitasari, Ph.D., Apt. saat memberikan sambutan.

Pasar Beringharjo merupakan salah satu ikon Kota Yogyakarta sekaligus menjadi daya tarik wisatawan dalam dan luar negeri. Buruh gendong mempunyai kontribusi tidak sedikit terhadap perekonomian Yogyakarta. Keberadaannya pun membuat pasar tradisional tetap bertahan hingga saat ini.

“Dalam rangka Hari Kartini, kami ingin memperlihatkan di Yogyakarta masih ada Kartini-Kartini yang memang harus diperhatikan, terutama dalam masalah kesehatan,” tambah Dyah Aryani.

Selain diisi dengan pemeriksaan kesehatan gratis, acara tersebut dilanjutkan lomba Fashion Buruh Gendong dengan paket sembako sebagai hadiah. Penilaiannya tentang teknik menggendong dan keaslian busana/fesyen.

Kegiatan ini dibuka oleh Wakil Walikota Kota Yogyakarta, H. Heroe Poerwadi. Dalam sambutan sekaligus membuka acara, Heroe mengatakan, “Setiap bekerja, kita harus senantiasa menjaga kesehatan. Dalam upaya mendorong masyarakat, pemerintah memiliki program Gandeng Gendong. Gandeng untuk maju bersama dan gendong seperti yang dilakukan Fakultas Farmasi UAD, yakni untuk bersama menjaga kesehatan. Jadi, ini adalah perhatian kita semua untuk membangun kebersamaan, gotong royong, serta kepedulian supaya bisa maju bersama,” tuturnya. (wpw)