Kembali, Robot Teknik Elektro UAD Raih Juara Nasional

0
208

Setelah berhasil memboyong tiga tropi di ajang kontes robot berskala nasional yang digelar di Gedung Sasana Budaya, Universitas Negeri Malang, Rabu (24/09) lalu, mahasiswa tim robot Teknik Elektro Universitas Ahmad Dahlan (UAD) kembali berhasil mengukir prestasi. Tim ini meraih juara 2 dalam event lomba Robot Line Follower Road Runner #4 sekala nasional yang diselenggarakan di Pusat Kesenian Koesnadi Hardjasoemantri (Gedung Purna Budaya UGM) Bulaksumur, Yogyakarta, Sabtu, (11/10).

“Road Runner merupakan istilah yang digunakan untuk perlombaan Robot Line Follower yang diselengarakan oleh HMTE-UGM setiap tahunnya. Robot Line Follower adalah robot yang diprogram sedemikian rupa sehingga dapat berjalan mengikuti alur garis,” terang dosen pembimbing Nuryono Satya Widodo, S.T., M.Eng.

“Garis tersebut akan dibentuk menjadi sebuah lintasan (track) untuk dilalui peserta lomba sampai batas akhir atau garis finis yang telah ditentukan. Lomba ini merupakan sebuah wadah yang disediakan untuk menumbuhkan semangat pemuda dalam mengembangkan kreativitas, terutama di bidang teknologi. Ketika pemuda saling berkompetisi dalam kreativitas dilandasi persaingan sehat, maka hal tersebut merupakan selangkah menuju sebuah proses perjuangan pemuda bagi masa depan bangsa,” lanjutnya.

Anggota tim robot Teknik Elektro UAD yang tergabung dalam tim RDC_Panzer_072 terdiri atas Dhony Haryono Putro, Watra Arsadiando, dan Wahyudi Aminuddin.

Kendati sukses meraih juara 2, para anggota tim robot Teknik Elektro menyatakan sepakat bahwa kemenangan bukan akhir segalanya. Keberhasilan tersebut merupakan sarana untuk mengembangkan teknologi robotika yang setiap saat mengalami kemajuan dan perubahan. Para tim juga dituntut untuk mengasah kemampuan kreativitas meraih prestasi di setiap event perlombaan robotika.

Dekan Fakultas Teknologi Industri (FTI) UAD, Kartika Firdausy, S.T., M.T., mengapresiasi keberhasilan tim robot tersebut. “Kemenangan tersebut merupakan cambuk untuk meraih prestasi  lainnya yang sesuai dengan motto ‘berprestasi adalah tradisi’. Selamat kepada tim robot Teknik Elektro UAD. Semoga hal ini bisa memotivasi para mahasiswa di lingkungan UAD untuk berprestasi,” harapnya.(doc)