Keren, Antusias Masyarakat UAD untuk Donor Darah di Luar Target

0
41
Pengambilan Darah yang Dilakukan oleh Petugas PMI

Donor darah menjadi agenda rutin yang diselenggarakan oleh Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Farmasi setiap tahun. Kegiatan donor darah berlangsung di hall kampus 3 UAD, Jln. Prof. Dr. Soepomo, S.H., Warungboto, Umbulharjo, Yogyakarta, Senin (1/10/2018).

Tujuan donor darah untuk membantu PMI untuk memenuhi stok darah bagi yang membutuhkan. Kami bekerja sama langsung dengan PMI Kota Yogyakarta. Pada kegiatan ini, anggota PMI langsung yang melakukan pengecekan kondisi tubuh calon pendonor hingga pengambilan darah. Total anggota PMI yang membantu ada lima orang,” jelas Dewi Inggit Karnasi selaku ketua panitia.

Sekitar satu jam setelah stand dibuka terlihat antrean untuk mendaftar. Banyaknya peserta yang ingin mendonorkan darah, panitia memutuskan untuk menutup stand pendaftaran lebih awal. Hal ini dilakukan karena persediaan kantong darah yang ada 50 kantong. Sementara, yang ingin mendaftar melebihi jumlah kantong darah yang tersedia.

Kegiatan ini dimulai pukul delapan pagi sampai satu siang. Antusias dari peserta donor darah sangat luar biasa. Kami harus menutup pendaftaran lebih awal dari waktu yang seharusnya. Sebanyak 50 kantong darah yang disediakan telah terisi semua. Sebelum jam satu, semua kegiatan telah selesai. Kami tidak menyangka antusias masyarakat UAD begitu besar, benar-benar di luar target kami. Kami juga mengucapkan terima kasih atas partisipasinya,” tutur mahasiswa dari Sulawesi Tengah tersebut, saat dijumpai di sela-sela kegiatan donor darah.

Selain itu, ia juga berharap hasil donor darah tersebut dapat bermanfaat bagi masyarakat. Hasil dari donor darah tersebut langsung diserahkan kepada PMI untuk didistribusikan ke masyarakat yang membutuhkan. (Ami)