Kerja Sama Internasional: UAD Menuju World Clas University

0
203

 

(Bring UAD to the World, World to the UAD)

 

Sudah sejak lama Universitas Ahmad Dahlan (UAD) melakukan berbagai kerja sama, baik kerja sama di dalam negeri maupun luar negeri. Bentuk-bentuk kerja sama dengan luar negeri di antaranya adalah Beasiswa Studi di Luar Negeri (seperti Summer Coast, Student Exchange, dsb), KKN Internasional, Pertukaran Dosen, Visiting Professor, Joint Research, Joint Seminar, dan Kerja Sama Riset.

“Menjalin kerja sama dengan luar negeri tidaklah mudah. Kami mengalami beberapa kendala di antaranya terkait pendanaan yang meningkat, keterbatasan SDM (Sumber Daya Manusia), dan bahasa. Tapi alhamdulillah, semuanya itu dapat kami atasi dengan baik,” kata Dr. H. Kasiyarno, M. Hum. selaku rektor UAD.

Lebih lanjut ia menuturkan, “Hal yang paling membahagiakan bagi kami adalah mendengar kabar bahwa alumni tidak pernah kesulitan mencari kerja ketika sudah lulus dari UAD.”

Dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi Asia (MEA) yang semakin dekat, jauh-jauh hari UAD sudah mempersiapkan para lulusannya agar mampu bersaing di ranah internasional dan mempunyai wawasan global.

Program yang di selenggarakan untuk menghadapi MEA adalah dengan memberi pelatihan bahasa asing, terutama bahasa Inggris, bagi para mahasiswa dan menargetkan mahasiswa lulus dengan skor TOEFL minimal 400. Di samping itu, juga dirintis beberapa program studi yang mempunyai kelas internasional dan menggunakan bahasa pengantar bahasa Inggris.

Di kesempatan yang berbeda, Ida Puspita, S.S., M.A. selaku Kepala KUI menambahkan, “Mahasiswa Asing yang masuk di UAD tahun ini totalnya ada 192 dari beberapa negara, di antaranya Cina, Malaysia, Thailand, Hungaria, Polandia, India, Ukraina, Vietnam, Rumania,  Filipina, dan Mesir.”

“Semoga UAD tetap dapat melaksanakan fungsinya dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi dan ikut serta dalam mencerdaskan bangsa dan tanah air Indonesia,” harap Prof. Drs. Sarbiran, M. Ed., Ph.D. selaku wakil rektor IV. (MCH)