Keunggulan dalam Surat al-Fatihah

0
224
KH. Nur Kholis, M.Ag. saat mengisi pengajian rutin setiap bulan dosen dan karyawan UAD, di Masjid Darussalam kampus 1 Universitas Ahmad Dahlan (UAD) di Jln. Kapas 9, Semaki, Yogyakarta.

Surat di dalam al-Qur’an sudah pasti mempunyai banyak sekali keunggulan. Salah satunya surat al-Fatihah. Keunggulan tafsir itu terdapat dalam awal sampai pertengahan yang membahas tentang pandangan hidup. Sementara dari pertengahan sampai terakhir membahas tentang persoalan hidup.

Sebagaimana pada surat awal, Allah mengecam orang yang menyembah selain Dia, seperti yang dilakukan kaum jahiliyah pada zaman dulu. Sebelumnya pada ayat-ayat al-Fatihah, ada yang menunjukan persona ketiga. Namun, akhirnya diubah menjadi persona kedua supaya para pembaca bisa menghadirkan Allah dalam benaknya, paling tidak bisa dirasakan kehadirannya. Kandungan surat tersebut bisa juga menjadi pengkhususan kepada pengucap.

“Allah Swt. bersabda, tidak ada selain engkau dan hanya kepada engkau. Maksudnya, apa yang kita lakukan akan kembali kepada kita,” jelas KH. Nur Kholis, M.Ag. selaku pengasuh pondok pesantren mahasiswa Baitul Quran sekaligus pembicara dalam acara pengajian rutin setiap bulan dosen dan karyawan UAD, di Masjid Darussalam kampus 1 Universitas Ahmad Dahlan (UAD) di Jln. Kapas 9, Semaki, Yogyakarta.

Selain itu, dibahas pula tentang keselamatan bagi orang yang meminta pertolongan hanya pada Allah. Maka dari itu, pada surat al-Fatihah dimasukkan tentang ibadah sholat, supaya keselamatan dan permohonan cepat terkabul. Allah akan memberikan pertolongan jika pemohon berusaha, bukan hanya berdoa saja. Sebab, terkadang Allah menurunkan pertolongan-Nya melalui perantara orang lain.

“Harapannya, dengan adanya pengajian ini, kita sama-sama tahu tentang kandungan di dalam surat al-Fatihah. Semoga kita bisa menerapkan dalam kehidupan sehar-hari, dan pada saat sholat bisa lebih khusuk lagi, agar ibadah kita lebih sempurna,” imbuh Nur Kholis.