Kiprah Sukarelawan UAD Dukung Pariwisata Jogja

0
25

Banyak cara yang bisa lakukan mahasiswa untuk mencintai Indonesia. Salah satunya mendukung pariwisata dengan merawat lingkungan yang bersih dan nyaman. Mahasiswa Universitas Ahmad Dahlan (UAD) yang tergabung dalam UAD Tourism Lovers sudah membuktikannya. Mereka mengadakan gerakan bersih sampah pantai dan sungai.

Pada Minggu (18-11-2018), sejumlah mahasiswa sukarelawan UAD terjun ke lapangan membersihkan sampah di kawasan Parangtritis, khususnya di lokasi Festival Sate Klathak Parangkusumo. Dalam waktu bersamaan, mereka juga diterjunkan untuk menangani sampah di objek wisata Selopamioro Adventure Park Imogiri. Kegiatan ini merupakan kerja sama Pusat Studi Pariwisata & Bisnis Kreatif (COTRES) UAD dengan Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul.

Direktur COTRES, Nur Rifai Akhsan menjelaskan, kegiatan ini bertujuan untuk membantu pemerintah dalam mengembangkan pariwisata, khususnya di Yogyakarta. Agenda tersebut, selain untuk menumbuhkan kecintaan dan kepedulian generasi muda pada lingkungan, juga merupakan wujud kontribusi UAD sebagai institusi pendidikan dalam pengembangan pariwisata. Dosen Pendidikan Bahasa Inggris ini berharap gerakan tersebut bermanfaat dan dapat menggugah kesadaran serta kepedulian semua pihak untuk bersinergi membangun pariwisata Indonesia.

Selanjutnya, Rifai mengungkap bahwa COTRES dengan tangan terbuka membuka kerja sama seluas-luasnya dengan semua pihak yang concern dengan tourism hospitality, terutama dengan kebersihan lokasi destinasi pariwasata. Untuk itu, apabila ada yang tergerak hatinya untuk bersinergi dengan COTRES, bisa menghubungi kontak 081228899085 atau surel rifai_uad@yahoo.com. Menurut rencana, mahasiswa sukarelawan akan diterjunkan secara rutin tiap Minggu, sesuai dengan permintaan pengelola kawasan wisata.