KKN UAD Adakan Penyuluhan Ketahanan Keluarga

0
107

Keluarga adalah unit terkecil dalam masyarakat yang terdiri atas suami-istri; atau suami, istri, dan anaknya; atau ayah dan anaknya; atau ibu dan anaknya (UU No. 52 tahun 2009). Keluarga dapat pula dimaknai sebagai unit sosial-ekonomi terkecil dalam masyarakat yang merupakan landasan dari semua institusi, kelompok primer yang terdiri atas dua atau lebih orang yang mempunyai jaringan interaksi interpersonal, hubungan darah, hubungan perkawinan, dan adopsi.

“Ketahanan keluarga meliputi ketahanan fisik keluarga, ekonomi, sosial-psikologi, dan sosial-budaya. Keluarga memiliki fungsi keagamaan, sosial budaya, cinta kasih, melindungi, reproduksi, pendidikan, ekonomi, dan pembinaan lingkungan. Sedangkan permasalahan sosial atau kesehatan yang sering terjadi dalam keluarga yaitu gizi buruk, anak jalanan, kekerasan dalam rumah tangga, narkoba, hamil di luar nikah, kenakalan remaja, perdagangan anak, dan pernikahan dini,” jelas Windy, mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) di dusun Pucangsari, Candirejo, Semanu, Gunungkidul, saat menyampaikan penyuluhan.

Dengan teori yang dijelaskan tersebut, maka keluarga mempunyai peranan sangat penting. Baiknya tumbuh kembang anak berasal dari keluarga. Seperti dalam fungsinya, harus tercipta suasana agama yang cukup di dalam keluarga. Jangan lupa juga untuk mempunyai hubungan yang baik di dalam keluarga untuk meminimalisasi permasalahan. Orang yang berasal dari keluarga baik, ketika memasuki dunia yang lebih luas, misalnya terjun dalam masyarakat, pasti nilai-nilai kebaikan akan terbawa serta. Harapannya, hubungan antarsesama manusia pun terjalin dengan harmonis.

“Keluarga yang mandiri akan mempunyai keinginan untuk bisa membantu keluarga lainnya sehingga terbentuk masyarakat yang mandiri. Misalnya, mampu mengakses berbagai sarana kesehatan, pendidikan, dan berbagai sarana untuk meningkatkan kualitas hidup. Jangan lupakan juga bahwa kebanggaan menjadi keluarga yang berkualitas dapat menjadi teladan bagi keluarga lainnya,” tutupnya. JM