Kompetisi Robot: Kembangkan Potensi di Bidang Robotika

0
127

Ahmad Dahlan Robotic Competition (ADRC) yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Teknik Elektro (HMTE) Fakultas Teknologi Industri (FTI) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) tahun ini berhasil meningkatkan jumlah peserta secara drastis dari tahun sebelumnya. Dengan tema “Mengembangkan Potensi Generasi Muda di Bidang Robotika”, acara tersebut berlangsung di XT Square, Rabu (27/12/2017).

“Usaha dari panitia untuk acara ADRC tahun ini banyak belajar kesalahan dari tahun kemarin, yang pada tahun ini kami minimalisir terjadinya kesalahan tersebut. Kami selaku panitia merasa bangga peserta tahun ini melebihi dari yang kami targetkan,” jelas Ahmad Yogaswara, selaku panitia kegiatan.

Acara yang bertujuan mengembangkan potensi sekaligus melatih mental anak bangsa dalam bidang teknologi khususnya, terbuka untuk pelajar Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), dan Sekolah Menengah Atas (SMA) sederajat tingkat nasional.

Acara tersebut dibagi atas dua divisi yaitu Line Follower Competition dan Sumo Robot Competition. Line Follower Competition diikuti oleh SMP dan SMA dengan permainan robot yang mengikuti garis track tertentu. Sedangkan Sumo Robot Competition, diikuti oleh SD dan SMP dengan permainan robot seperti bertarung.

“Harapan dari panitia, tahun depan acaranya lebih meriah lagi dan kami selaku panitia akan melakukan evaluasi kesalahan tahun ini agar tahun selanjutnya bisa memanjakan peserta dengan fasilitas yang sudah disiapkan,” imbuh Ahmad. (nda)