Lindungi Diri dengan Ikut UKM Taekwondo

0
47

Program Pengenalan Kampus (P2K) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) hari ketiga pada Rabu (29/8/2018) yang dilaksanakan di GOR Among Raga, dihadiri oleh mahasiswa zona dua dari Fakultas Hukum (FH), Fakultas Sastra Budaya dan Komunikasi (FSBK), serta Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP). Kegiatan ini berupa pameran Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) untuk mahasiswa baru agar nantinya mereka dapat memilih sesuai bakat dan keinginan.

Ada 16 UKM yang dikenalkan kepada mahasiswa baru, salah satunya adalah taekwondo. Taekwondo merupakan bela diri bergaya Korea yang memiliki dua kategori yaitu kyourugi (fighter) dan pomsae (taeguk). Kyourugi atau pertarungan dengan teknik dua orang, yakni bertarung saling mempraktikkan teknik serangan dan teknik pertahanan diri. Sementara pomsae atau rangkaian jurus, dilakukan dengan rangkaian teknik gerakan dasar serangan dan pertahanan diri yang dilakukan melawan lawan imajiner, dengan mengikuti diagram tertentu.

UKM Taekwondo UAD baru saja selesai mengikuti lomba tingkat nasional di UPN Jatim Surabaya yang dilaksanakan dari 21-27 Agustus 2018. Kami berhasil membawa pulang 9 medali emas, 3 medali perak, dan 2 medali perunggu,” ucap Andi Al Aziz.

Untuk ke depannya, masih banyak lagi lomba yang akan diikuti tim taekwondo. Mahasiswa baru yang ingin ikut gabung di UKM ini bisa mendaftarkan diri dengan mengunjungi stan Taekwondo di Among Raga atau bisa langsung daftar di basecamp yang terletak di gedung ITC kampus 1 UAD.

Penting banget buat mahasiswa baru untuk mengikuti UKM Taekwondo. Selain bisa menjaga diri, taekwondo melatih kedisiplinan, bertanggung jawab, dan kemandirian. Tidak hanya itu, kalian juga akan mempunyai solidaritas tinggi dan rasa kekeluargaan yang kental. Selama ini, kami melakukan latihan secara rutin sehingga kesehatan serta kebugaran jasmani semakin kuat, jarang sakit, dan terhindar dari kelelahan ketika beraktivitas,” ucap Bella Tamara, salah satu peraih medali emas di ajang lomba tingkat nasional UPN Jatim.