Mahasiswa UAD dan Robot Pemadam Kebakaran Hutan

0
327

Tiga mahasiswa Universitas Ahmad Dahlan (UAD) ciptakan Prototype Robot Terbang Pemadam Kebakaran (Propeder). Adapun pencipta robot ini adalah Rochmat Diantoro, Muhamad Hamam Iqbal, dan Eka Fitriyani. Mereka dibimbing oleh Anton Yudhana, S.T.,M.T.,Ph.D. selaku dosen Teknik Elektro.

Berdasarkan analisis LAPAN (Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional), hutan dan lahan seluas 2,6 juta hektar terbakar pada tahun 2015. Kebakaran hutan dan lahan paling luas terjadi di Sumatra yang mencapai 832.999 hektar serta disusul oleh Kalimantan mencapai 806.817 hektar. Presiden mengungkapkan kerugian akibat kebakaran hutan dan lahan pada tahun 2015 mencapai 220 triliun rupiah.

“Prototype pesawat tanpa awak yang dapat terbang, secara otomatis memadamkan kebakaran tepat dan menjangkau area yang luas maupun sulit dijangkau. Pemadaman ini menggunakan dry chemical powder untuk mengurangi kerusakan lingkungan”, terang Hamam, sapaan akrab Muhamad Hamam Iqbal, saat ditemui di Gedung Robot UAD, Jalan Prof. Dr. Soepomo, Umbulharjo, Yogyakarta.

Propeder merupakan prototype pesawat tanpa awak yang dapat terbang secara otomatis sehingga dapat terbang membawa dry chemical powder dalam skala besar. Prototype ini dapat memadamkan kebakaran hutan secara cepat, mudah, dan dapat menjangkau wilayah hutan yang luas hingga 1 kilometer. Kelebihan lain dari Propeder adalah dapat dioperasikan dari jarak jauh. Ini tentu dapat meminimalisir dampak adanya korban jiwa jika menggunakan mobil pemadam kebakaran, helikopter, ataupun pesawat berawak.

“Harapannya, alat ini dapat membantu masyarakat. Selain itu juga membantu pemerintah dalam menghemat biaya untuk memadamkan kebakaran hutan,” tutup mahasiswa Teknik Elektro tersebut, Selasa (15/5/2018). (Ami)