Mahasiswa UAD Raih Lebih Banyak Beasiswa AIMS

0
189

Sejak 2013, Universitas Ahmad Dahlan (UAD) telah mengirim mahasiswa untuk belajar ke mitra luar negeri lewat program beasiswa ASEAN International Mobility for Students (AIMS). Tahun 2017 ini, UAD mengirimkan jumlah mahasiswa terbanyak selama empat tahun. Hal tersebut karena meningkatnya kepercayaan pemerintah terhadap mahasiswa UAD yang dilihat dari prestasi akademik maupun nonakademik alumni program AIMS.

Prof. Sarbiran, Ph.D. selaku Wakil Rektor IV secara resmi melepas 10 mahasiswa yang berangkat untuk belajar selama enam bulan ke universitas mitra UAD, yakni ke Malaysia dan Thailand. Mereka adalah 6 mahasiswa dari Fakultas Agama Islam (FAI) yaitu Ahmad Shafwan Anshari, Endah Tri Setyorini, Sri Suryani, Lalu Muhammad Faesal Asyari, Fina Nur Fadhilah, dan Egen Susanto yang belajar di Universiti Malaya (UM) Malaysia. Yuda Wibowo dan Sonnia Aprilia Susanti yang merupakan mahasiswa Sastra Inggris Fakultas Sastra Budaya dan Komunikasi (FSBK) belajar di Universiti Teknologi Mara (UiTM), serta Rizka Andini Putri dan Naurah Nazifah dari fakultas yang sama belajar di Thammasat University, Thailand.

Sebelum mendapat pembekalan resmi oleh UAD di bawah Kantor Urusan Internasional (KUI), mahasiswa telah diberikan pembekalan bahasa dan budaya Malaysia serta Thailand. Selain itu, KUI mengundang alumni yang pernah belajar di tiga universitas tersebut dengan program AIMS, untuk membagikan pengalaman mereka selama belajar di luar negeri. Mereka adalah Anggi Nur Rachmasari, Muhammad Auzai, dan Gibrana Maryam. Harapannya, mahasiswa bisa mendapatkan gambaran tentang kehidupan di universitas dan negara tujuannya tersebut.