Manfaatkan Gawai untuk Akses dan Menulis Berita

0
177
Suasana pelatihan jurnalistik Kreskit “Jurnalistik dalam Media Online” yang dilaksanakan pada Ahad (26/11/2017).

Manusia era globalisasi ingin apa pun serba instan dan terjangkau, misalnya dalam membaca berita. Apalagi di kalangan mahasiswa, yang lebih memilih membaca lewat gawai daripada harus membaca koran. Dengan latar belakang tersebut, mahasiswa Program Studi (Prodi) Pendidikan Bahasa dan Sastra (PBSI) yang tergabung dalam Kreativitas Kita (Kreskit) menyelenggarakan pelatihan jurnalistik yang menjadi program kerja (proker) unggulan tahun ini. Pelatihan tersebut dilaksanakan pada Ahad (26/11/2017).

“Jadi, di Kreskit itu ada empat pimpinan redaksi yaitu majalah, online, mading, dan buletin, yang masing-masing mempunyai proker. Di luar itu, pimpinan umum juga mempunyai proker yang dinamakan proker unggulan. Nah, acara ini adalah realisasi dari proker unggulan itu,” jelas Riska Ayu Rosalina selaku ketua panitia pelatihan.

Pelatihan tersebut dibuka untuk seluruh mahasiswa Universitas Ahmad Dahlan (UAD) dengan pembicara Agung PW selaku Pimpinan Redaksi Online Kedaulatan Rakyat (KR). Mengusung tema “Jurnalistik dalam Media Online”, diharapkan mahasiswa yang datang tidak hanya mendapat sertifikat, tetapi juga ilmu.

Gawai yang semakin canggih, mempunyai banyak manfaat, di antaranya untuk mengakses berita. Peran mahasiswa, dapat memanfaatkan hal itu dengan semakin luas. Misalnya dengan menulis dan turut memublikasikan melalui media-media sosial yang digunakan. Seperti tugas dari mahasiswa PBSI, keterampilan menulis sangat diperlukan.

Pelatihan yang diselenggarakan di auditorium kampus 2 UAD ini terdapat dua sesi. Untuk sesi pertama materi, dan sesi kedua praktik.

“Jumlah peserta yang datang melebihi dari kuota yang ditetapkan panitia. Dapat disimpulkan, antusias mahasiswa sangat bagus,” imbuh Riska. (nda)