Melihat Kerja Sama UAD dengan Filipina

0
265

“Saya merasa senang bahwa 5 mahasiswa Magister Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Ahmad Dahlan menyelesaikan tesis mereka di Graduate School USANT telah lulus,” kata Atty Santiago D. Ortega, Jr. President of University of Saint Anthony, Filipina, dalam orasi ilmiah wisuda Universitas UAD, Sabtu (28/3/2015), di JEC.

“Mereka tinggal bersama kami selama 4 bulan, yakni pada September hingga Desember 2014. Selamat untuk Awaludin Arifin, Balqis Husain, Ratih Kesuma Dewi, Aditya Dwi Saputri, dan Desi Hidayanti yang telah di wisuda periode ini,” tambahnya.

Atty merasa sangat tersanjung karena dapat berperan sebagai ayah kedua, menjadi presiden, Ketua Dewan Pembina Universitas Saint Anthony pada wisuda Maret 2015, serta berada di hadapan 796 wisudawan.

Sejak Oktober 2013, kerja sama UAD dengan Fakultas Seni Liberal sudah terjalin. Hal ini selanjutnya diangkat ke tingkat universitas setelah penandatanganan resmi Nota Kesepahaman antara Universitas Saint Anthony (USANT) dan UAD pada Desember 2014.

Tercatat, sudah banyak kerja sama yang dilakukan oleh kedua universitas ini. Di antaranya pada 25 Oktober 2013, Fakultas Psikologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Fakultas Sastra, Budaya dan Komunikasi, menandatangani MoU dengan College of Liberal Arts USANT.

Bulan September 2014, UAD mengirimkan 5 mahasiswa Magister Pendidikan Bahasa Inggris dalam program Credit Transfer System untuk menulis dan melakukan penelitian tesis di USANT. Satu bulan selanjutnya, Pascasarjana UAD menandatangani MoU dengan Graduate School USANT sekaligus menyelenggarakan seminar on Educational Exchange.

Selain itu, Fakultas Kesehatan Masyarakat UAD menandatangani MoU dengan Health Care Education Department USANT dan menyelenggarakan Seminar on Health Care Policy, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UAD bekerja sama dengan College of Education USANT menyelenggarakan seminar dengan tema Code of Ethics For Teachers: A Comparison Between Indonesia-Philippines, serta Fakultas Ekonomi UAD menandatangani MoU dengan Business School USANT dan menyelenggarakan Seminar on ASEAN Economic Community.

Pada 15 Desember 2014, Rektor UAD, Dr. Kasiyarno, M.Hum., dan Presiden USANT, Atty Santiago D. Ortega, Jr. juga menandatangani MoU tingkat universitas.