Memaafkan Bukan Hal Mudah

0
145

“Halal bihalal bukan pekerjaan ringan, tetapi pekerjaan berat.” kata Drs. H. Tafsir, M. Ag. selaku Sekretaris Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Jawa Tengah saat memberikan ceramah di acara Syawalan, Senin (27/7/2015) di auditorium kampus I Universitas Ahmad Dahlan (UAD).

Menurut Tafsir, memaafkan musuh bukan hal yang mudah. Saat mendatangi acara Syawalan, bukan yang hadir yang dipikirkan, tetapi yang tidak hadir. Biasanya yang tidak datang pada Syawalan adalah mereka yang bermasalah, yang tidak mau menatap orang yang menjadi musuhnya.

“Di sinilah tugas kita untuk menyatukan mereka yang sedang berseteru. Bahkan, Rasul membolehkan berbohong untuk orang yang saling berselisih agar tidak berselisih lagi,” terangnya.

Pada kesempatan tersebut, Dr Kasiyarno, M.Hum. dalam sambutan acara juga mengumumkan kabar bahwa Apoteker UAD telah mendapat Akreditasi A. Sementara ini yang sudah visitasi tinggal menunggu jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) yang insya Allah akan mendapatkan A.

Acara yang bertajuk “Pengajian Syawalan dan Pelepasan Calon Jamaah Haji UAD” di hadiri oleh para dosen dan karyawan UAD serta enam dosen karyawan yang akan berangkat haji.